Pemindahan 3.216 ASN Tahap Pertama ke IKN Batal, Ini Masalahnya

KABARSINJAI – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, membeberkan jadwal pemindahan tahap pertama para aparatur sipil negara (ASN) pada Juli 2024, atau tepatnya sebelum upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024, batal.

Anas mengatakan penyebab batalnya pemindahan ASN pada Juli 2024 karena lokasi IKN akan digunakan untuk perayaan kemerdekaan RI, dan huniannya yang semula untuk ASN akan difokuskan menjadi tempat menginap peserta upacara.

“Karena upacara akan dipakai oleh seluruh peserta upacara di IKN dan itu memerlukan apartemen penginapan yang cukup banyak. Sehingga pemindahan tahap pertama ini setelah Agustus. Insya Allah September pemindahan,” kata Anas saat konferensi pers di Kantor Kominfo, dikutip Senin (27/5/2024).

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menegaskan hunian yang dikhususkan kepada ASN sebanyak 12 tower memang sudah tersedia. Namun, tidak cukup bila dibarengi dengan para peserta dan undangan HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus.

“Pemindahan ASN yang sudah jadi 12 tower nanti juga termasuk hunian pekerja konstruksi kalau memang bisa kita optimalkan itu. Itu nanti akan kita pakai dulu, makanya pemindahan ASN diundur setelah upacara,” kata Basuki saat kunjungan kerja di IKN.

Selain bangunan fisik termasuk hunian, Basuki memastikan saat bersamaan pihaknya juga terus menyiapkan sarana dan prasarana, seperti pasokan air baku yang bisa diminum para warga IKN.

“Masuk air minum, tadi di reservoir kita sudah menemukan, saya sudah menelusuri dari IPA (Instalasi Pengolahan Air Minum) di Sepaku, jalur IPA-nya sudah tersambung sampai reservoir, 17 km tinggal kita menunggu pompanya untuk memompah yang dari IPA ke reservoir,” katanya.

Jumlah ASN yang akan dipindah ke IKN tahap awal itu pun kini ditargetkan berjumlah 3.216 termasuk jajaran pejabat ASN tertinggi di kementerian atau lembaga seperti eselon 1.

Hingga Desember 2024, sebanyak kurang lebih 12 ribu pegawai yang terdiri dari jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya, JPT pratama, jabatan administrator, jabatan fungsional, dan pelaksana dari 38 kementerian/lembaga (K/L) secara bertahap akan dipindahkan ke IKN.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat menargetkan perpindahan aparatur sipil negara (ASN) Pertanahanan dan Keamanan (Hankam) ke Ibu Kota Negara (IKN) dimulai pada Juli 2024. Kabar ini terungkap saat Jokowi menghadiri topping off atau seremoni penyelesaian akhir atap bangunan hunian aparatur sipil negara (ASN).

Jokowi memastikan pembangunan hunian ASN di IKN dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Jokowi menyatakan, pada bulan Juli 2024, akan selesai 12 tower hunian ASN, yang akan berlanjut pada bulan September 2024 dengan 21 tower, dan November 2024 dituntaskan 14 tower. Sehingga total 47 tower hunian akan rampung sekitar akhir November 2024.

“Perpindahan pegawai ASN, khususnya Pertahanan dan Keamanan (Hankam), ke IKN sendiri ditargetkan bisa dimulai pada Juli 2024,” ungkapnya. (CNBC)