oleh

Pemkab Gagas Dua Desa di Sinjai Jadi Percontohan Program Smart Kampung

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Program unggulan Smart Kampung Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong terus digenjot.

Sebanyak 2 desa di Kabupaten Sinjai bakal menjadi desa percontohan pelaksanaan Program Smart Kampung Sinjai. Dua desa itu, yakni Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur dan Desa Kassibuleng, Kecamatan Sinjai Borong.

Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, mengatakan, bahwa kedua desa ini dipilih karena desa tersebut sangat representatif mewakili semua desa yang ada di Sinjai.

Program Smart Kampung di dua desa tersebut, kata Irwan, tidak lain untuk mempermudah pelayanan, penyediaan data administrasi kependudukan hingga potensi desa, sehingga pelayanan publik yang tepat sasaran dapat dirasakan masyarakat.

BACA JUGA; Dua Pelajar Jadi Korban Penganiayaan, Pemkab Sinjai Tunjuk Kuasa Hukumnya Lakukan Pendampingan

“Banyak kelebihan dari program ini, contohnya penyajian data administrasi, keuangan, wisata, potensi alam hingga market plus produk UKM bisa secara mudah diakses secara digital, apalagi terkait data administrasi kependudukan pastinya akan sangat memudahkan masyarakat,” tambah Irwan.

Menurut Irwan, pihaknya bakal terus mendorong semua desa yang ada di Sinjai dalam rangka penerapan Program Smart Kampung. “InsyaAllah, target kami tahun depan semua desa akan menerapkan Smart Kampung. Dua tiga bulan ini desa percontohan yang kami genjot dulu dalam penerapan Desa Digital”, jelasnya.

Dalam pembinaan Desa Digital melalui Program Smart Kampung ini, Irwan menyebutkan bahwa penyiapan website dan aplikasi itu dibantu oleh pemuda Sinjai yang berkompeten.

BACA JUGA: Unik, Warga Pasang Spanduk untuk Bupati Karena Jalannya Mulus, Ternyata Puluhan Tahun Rusak

Terpisah, Kepala Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur, A. Ichsan merespon baik Program Smart Kampung Pemkab Sinjai, terlebih desanya menjadi salah satu desa percontohan.

Apalagi tujuan dari Program Smart Kampung sendiri tidak lain memberi kemudahan dalam pelayanan publik, dalam hal pengurusan administrasi masyarakat.

“Kami dari Pemerintah Desa tentu sangat menyambut baik ini karena semua format yang disiapkan semuanya tertata dengan baik, sehingga kedepan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal,” tutup A. Ichsan. (**/Ads)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU