oleh

Pemkab Sinjai dan Kodim Lakukan Pencanangan TNI Manunggal KB Kes, Ini Tujuannya

KABARSINJAI.COM – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai bekerjasama Kodim 1424 Sinjai melakukan pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun Anggaran 2018.

Pencanangan ini ditandai dengan penyerahan alat kontrasepsi secara simbolis dari Staff Ahli Bupati Sinjai Bidang Sosial dan SDM, A. Muh. Irvan, mewakili Bupati Sinjai kepada Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat di Aula Mabbulo Sipeppa, Kodim 1424 Sinjai, Jum’at (10/8/2018).

Dalam sambutannya, Staff Ahli menyampaikan bahwa salah satu upaya pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan penduduk adalah melalui pelaksanaan program KB bagi pasangan Usia Subur.

Pelaksanaan program yang dimaksud dengan melakukan pemberian layanan KB yang berkualitas, dengan meningkatkan akses dan kualitas informasi konseling dan pelayanan KB yang diharapkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Saat ini Kabupaten Sinjai melaksanakan KB melalui perencanaan keluarga yang ideal dengan mengatur jarak kelahiran anak yang bertujuan untuk mensejahterakan keluarga dan untuk meningkatkan kualitas serta tingkat ekonomi suatu keluarga sehingga menjadi bagian dari upaya membangun ekonomi keluarga dan pemenuhan hak dasar kepada keluarga seperti asupan gizi yang cukup dan pendidikan yang baik,” pungkasnya.

Baca juga ;
Ini Capaian Realisasi Pendapatan Daerah Sinjai Hingga Juli 2018
– Gugatan Sengketa Pilkada Sinjai Ditolak MK

Olehnya itu dia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung revitaslisasi program KB Kesehatan agar dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan sasaran program mengingat petugas penyuluh di Kabupaten Sinjai sangatlah minim.

Sementara itu, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat mengatakan, tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya berperanserta dalam KB Kesehatan yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalah kependudukan dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan peningkatan SDM di masyarakat.

“Jadi bukan hanya laju pertumbuhan penduduk yang akan ditekan tapi yang paling penting adalah peningkatan SDM masyarakat, tentu dengan keterlibatan Babinsa di Kecamatan maupun di Desa semuanya akan bergerakmembantu penyuluh KB di lapangam,” tandasnya.

Baca juga ;
Raih Polling SMS Tertinggi, Janwar KDI Lolos Ke Tahap Selanjutnya

Di ketahui, pencanangan program TNI Manunggal KB Kesehatan ini merupakan tindaklanjut dari MOU antara TNI dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diteruskan ke Kabupaten/Kota. Pelaksanaan program TNI Manunggal KB Kesehatan ini akan berlangsung hingga 30 September 2018 mendatang.

Turut hadir dalamkegiatan ini, Ketua DPRD Sinjai Abd. Haris Umar, unsur Forkopimda, perwakilan Kemenag Sinjai, Camat Se-Kabupaten Sinjai, Ketua IBI Sinjai, Penyuluh KB serta Pengurus persit Kartika Chandra Kirana. (Mirza)

Editor / Riswan

Komentar Facebook

BERITA TERBARU