Pemkab Sinjai Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke -75 Tahun

KABARSINJAI Peringatan Hari Bela Negara ke 75 Tahun di Kabupaten Sinjai ditandai dengan upacara pengibaran bendera.

Upacara tersebut digelar di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Tanassang, Kecamatan Sinjai Utara. Upacara Peringatan Hari Bela Negara diramgkaikan dengan Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN).

Bertindak.selaku Inspektur upacara (Irup), Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah., edangkan komandan upacara dari unsur TNI, Letda Inf Muh Ali Akbar.

Peringatan Hari Bela Negara ke 75 Tahun dengan Tema “Kobarkan Belah Negara untuk Indonesia Maju”. menjadi momentum seluruh elemen bangsa untuk mengobarkan semangat membela negara dan cinta pada Tanah Air.

Amanat Presiden RI, yang dibacakan Pj Bupati Sinjai mengatakan Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita semua untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita citacitakan.

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara”, Sebutnya.

Dalam amanat presiden yang dibacakan Pj bupati juga menegaskan bahwa semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, Sebutnya.

Lebih lanjut,

Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan seharihari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

“Semoga pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah”, Pintanya.

Upacara tersebut turut dikuti unsur Forkopimda, Ketua DPRD Sinjai dan para pejabat di Lingkup Pemkab Sinjai. Sementara peserta upacara dari unsur TNI, Kepolisian, Satpol PP, Dinas Perhubgan serta
para pegawai Lingkup Pemab Sinjai