Pemkab Sinjai Pastikan Hewan Kurban Lebih dari Cukup, Populasinya Sekian!

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Jumlah populasi sapi di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai, dipastikan aman untuk kebutuhan hewan Kurban.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, drh. Mappamancu.

Menurut Mappamancu, ketersediaan hewan kurban yang masih sangat banyak ini, dipengaruhi rendahnya daya beli masyarakat yang menurun khususnya lintas daerah lantaran mewabahnya Covid-19 di Sinjai yang juga berakibat dengan perekonomian di masyarakat.

“Untuk jumlah sapi di Sinjai menjelang Idul Adha stoknya aman dan sangat banyak,” ujar Mappamancu saat ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis (2/7/2020)

Baca Juga: Rapid Test Mandiri di Sinjai Bisa Dilakukan di Klinik Swasta, Segini Biayanya

Di terangkan Mappamancu, bahwa populasi sapi di Sinjai dari tahun ke tahun semakin meningkat dan saat ini mencapai angka 141 ribu ekor. Hanya saja penjualan keluar daerah mengalami penurunan hingga 50 persen dibanding tahun lalu.

“Jika tahun lalu satu bulan sebelum idul adha, penjualan sapi lintas daerah mencapai angka 2 ribu ekor, namun karena adanya virus corona ini penjualannya menurun dan hingga saat ini baru mencapai sekitar seribu ekor”, ujarnya.

Baca Juga: Pasien Positif Corona di Sinjai Bertambah 5 Kasus

Meski begitu menurut Mappamancu, ini adalah momen yang bagus bagi masyarakat yang hendak berkurban dengan lebih leluasa memilih kualitas hewan kurban,sebab jumlahnya sangat banyak.

Hari Raya Idul Adha 1441 H sendiri jatuh pada 31 Juli 2020 mendatang. Meski begitu, kepastian hari raya kurban itu tetap menunggu keputusan dari hasil sidang isbath dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. (And)

Editor/Andis