Pemkab Sinjai Perkuat Data Melalui Pengukuran dan Publikasi Aksi Konvergensi Stunting

INFOKESEHATAN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, kembali melakukan pertemuan aksi 7 terkait Pengukuran dan Publikasi Konvergensi Stunting di aula pertemuan Bappeda Kabupaten Sinjai, Jumat (16/12/2022).

Pertemuan aksi 7 ini dibuka Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, dr. Emmy Kartahara Malik, para perwakilan OPD terkait serta pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Dalam sambutannya, Kartini mengungkapkan, pengukuran dan publikasi stunting sebagai upaya pemerintah untuk memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan puskesmas, kecamatan, dan Desa.

“Hasil pengukuran tinggi badan anak dibawah lima tahun serta publikasi angka stunting digunakan untuk memperkuat komitmen pemerintah daerah dan masyarakat dalam gerakan pencegahan dan penurunan stunting,” pungkasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, pihaknya meminta kolaborasi dalam intervensi dapat terus berjalan antar sektor yakni sektor kesehatan dan non kesehatan karen keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh dukungan kolaborasi antar sektor ini.

Kolaborasi dapat dilakukan melalui pembangunan sanitasi, pendampingan keluarga, PAUD, penyediaan air bersih, penyediaan pangan yang aman dan bergizi dan membangkitkan pemahaman serta kepedulian masing-masing individu.

Faktor penting yang wajib diperhatikan agar upaya penurunan stunting dapat tepat sasaran kata dia adalah kualitas data. Perbaikan data stunting yang akan menjadi rujukan untuk perencanaan monitoring dan evaluasi intervensi stunting, hendaknya dilakukan dengan memperhatikan validasi dan akurasi data.

Untuk itu, dia berharap tim pendamping keluarga, bidan desa dan petugas gizi puskesmas bersama-sama dengan kader untuk melakukan penelusuran penemuan bayi dan balita yang berpotensi stunting.

Kepada pemerintah kecamatan diharapkan untuk memfasilitasi serta mengkoordinir desa dan kelurahan. Termasuk kepada perangkat daerah agar lebih fokus melakukan intervensi penurunan stunting pada lokus sesuai dengan kewenangan masing-masing.

ADVERTISEMENT

“Melalui aksi 7 ini saya berharap hasil pengukuran Stunting yang telah dilakukan memperoleh hasil yang baik, menunjukkan kinerja kita dalam bekerjasama melakukan percepatan penurunan stunting,” tutupnya. (UC)

Baca Selengkapnya