oleh

Pemkab Sinjai Pilih Kelurahan Balakia Jadi Lokasi Penanaman Perdana Bawang Merah

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melakukan penanaman perdana bawang merah varietas super philips di lahan kelompok tani Bunga Bungaya Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat. Senin, (09/08/2021)

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Sinjai, H. Kamaruddin mengatakan bahwa penanaman perdana bibit bawang merah ini bantuan dari Pemerintah Pusat melalui tugas Pembantuan APBN Tahun anggaran 2021, dimana bibitnya dinilai berkualitas dan unggul.

Bantuan ini jumlahnya sekitar 15 hektar yang diperuntukan untuk 10 hektar pada 4 kelompok tani di kelurahan Balakia dan 5 hektar untuk 2 kelompok tani di Kelurahan Tassililu.

“Dua kelurahan ini sebagai wilayah yang direncanakan menjadi sentra atau kampung bawang merah sehingga dengan pembentukan kampung komoditi ini merupakan salah satu bagian dari strategi pengembangan komoditi unggulan agar bisa tumbuh sentra sentra komoditi unggulan di Sinjai,” jelasnya.

BACA JUGA: Sistem OSS Resmi Diluncurkan, Begini Tanggapan Bupati ASA

Adapun jumlah bantuan benih diberikan sebanyak 700 kg per hektar dengan target produksi ketika panen nantinya berkisar 6-7 ton per hektar.

“Bantuan ini bagian dari upaya Pemkab melalui bapak Bupati Sinjai dalam membangun Komunikasi ke Pusat khususnya ke Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI,” ujarnya.

Selain bibit bawang merah, pihaknya juga memberikan bantuan pupuk jenis NPK sebanyak 300 kg per hektar dan POG 1.240 kg per hektar.

BACA JUGA: 3 Pemuda di Sinjai Utara Masuk Bui, Polisi Sita Barang Bukti Sabu

“Kami berharap agar kelompok tani penerima bantuan dapat memelihara dengan baik agar sasaran produksi dapat terpenuhi. Bantuan ini hanya stimulan sehingga sarana produksi lainnya dapat disiapkan secara swadaya,” tambah Kamaruddin.

Upaya ini juga merupakan bagian dari salah satu program unggulan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di bidang pertanian dalam pengembangan komoditi unggulan di setiap kecamatan. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU