oleh

Pemkab Sinjai Susun Matriks Dokumen Rencana Daerah

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sinjai melakukan penyusunan Matriks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Acara yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Bappeda Sinjai ini turut dihadiri oleh tim dari Bappelitbangda Provinsi Sulsel sebagai narasumber sekaligus memberikan bimbingan terhadap penyusunan matriks SDGs Kabupaten Sinjai, Jumat (28/8/2020)

Kepala Bappeda Sinjai Drs. A. Ilham Abubakar mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan petunjuk teknis tentang penyusunan indikator matriks data Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kepada masing-masing perangkat daerah.

“Hasil evaluasi di Provinsi kita masih sedikit ketinggalan dalam pemahaman penyusunan matriks SDGs sehingga hari ini kita minta dilakukan pendampingan agar dalam proses pengisian matriks bisa lebih akurat,” katanya.

BACA JUGA: Soal Perpanjangan BST, Kadis Sosial Sinjai Bilang Begini

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda Sulsel Dr Andy menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan matriks SDGs di Kabupaten/Kota merupakan amanah dari Perpres 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Maksud penyusunan matriks ini untuk mengetahui dan menyusun perencanaan yang terkait dengan SDGs, misalnya bagaimana proses pengentasan kemiskinan, bagaiamn dibbidang pendidikan dan seterusnya.

“Jadi seluruh tujuan SDGs itu ada perencanaan dari apa yang akan dilaksnakan dan merupakan bagian dari martiks SDGs provinsi, ” ungkapnya.

BACA JUGA: Sharing Aspirasi Tani, Pemkab Tawarkan Solusi Pertanian di Tellulimpoe

Menurut Andy, SDGs ini sangat erat kaitannya dengan perencanaan RPJMD karena keduanya akan disinkronkan sehingga aparat dituntut untuk memahami penyusunan matriks ini serta memanfaatkan olah data yang update agar dalam proses penyusunan perencanaan tepat dan menghasilkan produk kebijakan yang sesuai diharapkan.

“Kami harap ada produk atau hasil dalam penyusunan dokumen dan kami dari Provinsi senantiasa siap mendampingi serta berklaborasi dalam penyusunannya sehingga dalam beberapa waktu kedepan segera bisa dituntaskan,” harapnya. (Adv)

Editor/Andis
.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU