oleh

Pemprov Sulsel Canangkan KSB di Sinjai, Simulasinya Bikin Hadirin Terkesima

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Sinjai resmi dicanangkan langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan. Kamis, (18/11/2021)

Pencanangan KSB yang dipusatkan di Tribun Lapangan Sepak Bola Lappadata, Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah ini, dihadiri langsung Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Muhammad Firda.

Dalam kegiatan tersebut, dikemas dengan simulasi penanggulangan bencana yang cukup menyita perhatian bagi hadirin.

Seperti yang dikatakan Alamsyah kepada jurnalis Kabar Sinjai. Ia mengaku terkesima dengan penampilan para peserta KSB yang menampilkan simulasi atau cara melakukan penanggulangan bencana.

BACA JUGA: TGUPP Sulsel Pastikan Sinjai Siap Hadapi Porprov 2022

“Tadi ada semacam pertunjukan tentang cara melakukan evakuasi kepada korban bencana, dan lain-lain. Luar biasa pertunjukannya. Semoga ini bisa menjadi bekal untuk menghadapi bencana jika sewaktu-waktu menimpa wilayah kita,” katanya.

Sekedar informasi, pencanangan KSB ini diawali dengan pembekalan yang dilakukan selama dua hari kepada para peserta dari Kecamatan Sinjai Tengah dan Sinjai Barat.

Kepala BPBD Sulsel, Muhammad Firda menuturkan program KSB merupakan rangkaian upaya mitigasi atau pengurangan resiko terhadap ancaman bencana.

Dimana masyarakat ikut berperan aktif dan mengambil peran bersama pemerintah untuk terlibat langsung pada kegiatan penanggulangan bencana di daerahnya masing-masing.

BACA JUGA: Dinilai Jadi Barometer Pendidikan di Sulsel, Disdik Pangkep Studi Tiru ke Sinjai

“Pencanangan kawasan siaga bencana yang dilakukan di Kabupaten Sinjai diharapkan mampu memotivasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana baik sebelum, saat, dan sesudah bencana,” ujarnya

Pantauan media, turut hadir dalam pencanangan KSB, Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong, perwakilan dari Kementerian Sosial (Kemensos), unsur Forkopimda, serta para Kepala OPD lingkup Pemkab Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU