oleh

Pemuda URBEX Bantu Warga dan Beri Edukasi Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Komunitas pemuda Urangah Begin Exsploration (URBEX) Desa Massaile, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ikut membantu warga miskin dan terdampak covid-19 dengan membagikan kebutuhan pokok, Selasa (19/5/2020).

Mereka merasa terpanggil untuk turun membantu wara miskin di tengah pandemi covid-19 di desa mereka.

” Kami anak-anak muda yang berkemampuan merasa terpanggil untuk turun membantu saudara-saudara kami warga miskin dan terdampak covid-19,” kata Kordinator Urangah Begin Exsploration, Sukardi.

Mereka membagikan kebutuhan pokok dan masker ke warga desa setempat. Selain membagikan barang kebutuhan, mereka pemuda juga memberikan edukasi ke masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Tak sekadar membagikan sembako, mereka juga membangun komunikasi kepada warga kurang mampu di desa itu tentang persoalan yang dihadapinya.

Urangah memberikan solusi masyarakat yang dijumpainya tentang bagaimana mempersiapkan diri sejak dini di tengah covid ini. Misalnya menguatkan pangan dengan menanam tanaman jangka pendek seperti sayur mayur dan buah-buahan, pengembangan ternak ayam kampung yang bisa membantu menguatkan perekonomian warga.

Lihat juga: Berbagi, DWP Diskominfo Sinjai Sambangi Warga Kurang Mampu di Tiga Kecamatan

Dari komunikasi mereka dengan warga mendapatkan beragam kendala yang dihadapi warga. ” Jadi pada dasarnya mereka butuh kehidupan yang layak dan peluang kerja dan usaha makin terbuka agar mereka mampu berdaya,” kata Sukardi.

Ditambahkan oleh Kordinator Lapangan Komunitas Urangah, Adit mengatakan bahwa kelompok pemuda di desa itu dari berbagai latar belakang. Ada dari kalangan pengusaha muda lokal desa, mahasiswa dan pegawai swasta.

Selain fokus kegiatan sosial juga mereka sedang melakukan pengembangan sumber daya manusia ke berbagai bidang. (*)

Editor / Bhar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU