oleh

Penderita HIV/AIDS di Sinjai Didominasi Ibu Rumah Tangga dan Wiraswasta, Ini Jumlahnya

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Setiap tahunnya, jumlah Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sinjai terus bertambah.

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai, tahun 2015 tercatat sebanyak 19 HIV positif baru, tahun 2016 sebanyak 26 orang, 2017 sebanyak 28 HIV positif, dan hingga November 2018, tercatat sudah 26 terpapar virus ini.

Penderita penyakit ini didominasi dari kalangan ibu rumah tangga dan wiraswasta”, Ungkap Kepala Dinkes Sinjai, dr. A. Suryanto Asapa melalui Whatsapp, Sabtu (1/12/18) kemarin. 

Dijelaskan bahwa dari 26 penderita hingga saat uni, mereka terdiri dari Ibu Rumah tangga 9 orang, Wiraswasta 7 orang, Petani 3 orang, PNS 3 orang, honorer 2 orang serta pelaut dan supir masing-masing 1 orang.

“Adapun faktor penyebabnya yakni pasangan risiko tinggi (salah satu pasangannya HIV positif), pelanggan pekerja seks, lelaki seks lelaki serta beberapa faktor lainnya”, terangnya.

Untuk menangani hal tersebut, Dinas Kesehatan Sinjai telah melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan jumlah orang yang dites terutama populasi kunci (nelayan, waria dan lelaki seks lelaki), peningkatan koordinasi dengan kader dalam penjangkauan pada populasi kunci serta memperluas layanan testing HIV ke Bidan praktek swasta dan Klinik swasta.

Mantan Direktur RSUD Sinjai ini berharap penemuan secara dini dapat dilakukan melalui dukungan dari semua kalangan terutama dukungan dari keluarga terhadap penderita sehingga pengobatan bisa tuntas dan masyarakat tidak mengucilkan penderita HIV AIDS. 

Sekedar diketahui bahwa Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU