oleh

Pengamat Nilai Penunjukan Plt Kepala OPD di Sinjai Sudah Sesuai Sistem Merit Manajemen ASN

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pengamat kebijakan publik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Adnan Nasution, menyebut penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas tidak melanggar aturan.

Sama seperti penunjukan Kepala Dinas di empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

Menurut Adnan Nasution, kebijakan penunjukan Plt Kepala Dinas merupakan bagian tak terpisah dari penerapan sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang harus dilaksanakan pemerintah daerah.

Maksudnya, setiap orang ditempatkan dalam suatu jabatan dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, dan kinerja. Bukan berdasarkan suka atau tidak suka tanpa memperhatikan syarat yang harus dipenuhi.

BACA JUGA:
Jabatan Kepala OPD Tak Ditunjuk Begitu Saja, Kadis Kominfo Sinjai: Andai Bisa, Plt Bisa Dihindari

HKN ke-58 di Sinjai, Bakal Ada Camp di Tahura Abd Latief

Sehingga, setiap daerah mesti melakukan seleksi terbuka atau lelang untuk jabatan pimpinan tinggi pratama guna melakukan uji kompetensi terhadap calon pejabat yang akan mengisi kekosongan jabatan itu.

“Kesalahan besar kalau menempatkan pejabat tidak sesuai kepangkatannya, melanggar sistem merit, makanya dilakukan seleksi terbuka dan untuk mengisi kekosongan maka ditunjuk Plt dan itu tidak melanggar,” jelasnya, Rabu (2/11/2022).

Oleh karena itu, penunjukkan Pelaksana tugas untuk mengisi jabatan yang kosong dibenarkan dan diatur batasan kewenangan yang harus dilakukan. Kendati demikian, dia menyarankan agar seleksi terbuka bisa dilakukan dengan waktu yang tidak lama agar bisa menetapkan pejabat definitif.

“Jadi penunjukan Plt dilakukan karena ingin menerapkan sistem merit dan masa tugas Plt sudah ditentukan dalam undang-undang, sehingga pelaksanaan lelang jabatan bisa dilaksanakan dengan cepat,” tambahnya.

BACA JUGA:
Wujud Kepedulian, Polisi di Sinjai Berbagi dengan Ponpes

Ribuan Nakes di Sinjai Bisa Ikut Pendataan Non ASN, Berkat Program Home Care & Visit Bupati ASA

Sebelumnya penerapan sistem merit manajemen ASN oleh Pemkab Sinjai telah mendapatkan apresiasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sejak tiga tahun terakhir.

Yang terbaru di bulan Oktober 2022 lalu, Pemkab Sinjai menerima penghargaan dari KASN mengenai kualitas pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi kategori Baik. (RI/UC)

Komentar Facebook