oleh

Pengganti Sekda (Tayyeb) – Bupati diminta Lakukan Uji Kelayakan

Kabarsinjai.com – Mengingat jabatan sekertaris daerah (sekda) Sinjai H. Tayyeb A Mappasere hampir berakhir, menjadi isu tersendiri dikalangan masyarakat Sinjai. Bahkan menjadi perhatian publik yang juga tak kalah hangat diperbicangkan saat ini selain mengenai pemilihan kepala daerah (pilkada) Sinjai.

Menurut pengamat pemerintahan di Sulawesi Selatan, sekaligus pengamat politik Salahuddin, Sabtu, (19/08) mengatakan, untuk mendapatkan figur Sekda yang ideal, tidak cukup dengan seleksi administrasi tetapi kemampuan calon sekda juga harus diuji, dan untuk mengetahuinya diperlukan adanya uji publik terhadap para calon sekda itu sendiri

“Karena bagaimanapun juga, seorang sekda haruslah pejabat handal yang memiliki wawasan dan kemampuan mumpuni di segala bidang. Uji publik yang dimaksud, yakni dengan melakukan debat kandidat”, katanya.

Kemudian dikatakan debat kandidat tersebut perlu dilakukan agar, masyarakat juga bisa mengukur sejauhmana visi misi, strategi dan kemampuan para calon sekda itu sendiri. Sehingga tidak akan ada lagi keraguan ataupun penolakan dari masyarakat, ketika Bupati mengambil keputusan.

“Track record seorang sekda juga menjadi ukuran, misalnya tdk pernah melakukan pelanggaran disiplin sebagai ASN, dan dikenakan hukuman disiplin berat, karena sosok Sekda harus mampu menjadi contoh bagi ASN termasuk harus bersih dari politik praktis”, tutupnya.

Diketahui Sekda Sinjai saat ini H. Tayyeb A Mappasere akan mengakhiri masa tugasnya sebagai ASN (pensiun) tepat ditanggal 1 September mendatang.

Editor : A. Mirza.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU