oleh

Penghulu – Nikah Gratis Itu Hanya di KUA, di Luar Harus Bayar, Nah Berapa Besarannya..?

KABARSINJAI.COM – Pasangan calon pengantin yang menikah diluar dari Kantor Urusan Agama (KUA) akan dikenakan biaya administrasi sebesar, Rp.600 Ribu.

Namun sebaliknya, apabila nikahnya di KUA maka sepersen pun tidak akan dikenakan biaya alias gratis sama sekali. Aturan ini jelas dan sudah lama diberlakukan oleh pemerintah di semua daerah, seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Sinjai. 

Penghulu KUA Sinjai Utara, Muh. Yunus kepada kabar sinjai menjelaskan bahwa nikah gratis hanya bisa dilakukan di KUA pada hari kerja, yakni Senin hingga Jumat. 

“Jadi nikah gratis bagi pasangan calon pengantin hanya berlaku pada hari kerja, diluar dari hari kerja itu, sabtu-minggu atau begitu juga pernikahannya digelar diluar KUA akan dikenakan biaya administrasi sebesar itu, Rp.600 Ribu”, Jelasnya.

Kemudian kata dia, Biaya Rp.600 Ribu itu harus disetorkan ke bank yang sudah ditentukan, kemudian bukti transfernya diserahkan ke petugas KUA untuk diproses. 

Sejak januari hinggap akhir april 2018 ini, KUA Kecamatan Sinjai Utara telah mencatat 129 pasangan suami istri telah menikah, 17 diantarnya menikah gratis di KUA. Dari jumlah tersebut juga terdapat satu pasang menikah dibawah umur setelah mendapat dispensasi nikah dari Pengadilan Agama Sinjai.

Hasniah, Staf Administrasi KUA Sinjai menambahkan yang melatar belakangi warga untuk menikah di KUA karena gratis dan dipermudah asal sudah mendapatkan izin dari kedua belah pihak.

“Saya pikir ini yang melatar belakangi dengan gratisnya nikah di kantor. Bagi calon pengantin yang kurang mampu, nilai sebanyak itu dianggap banyak, sehingga banyak yang memilih melakukan pernikahan di KUA setempat”, tuturnya. 

Terkait persyaratan nikah gratis, ia mengatakan tanpa melihat latar belakang yang bersangkutan, memenuhi syarat  yang ditentukan dan bersedia menikah di kantor KUA pada hari kerja. (clk)

Editor. : Irawan

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU