oleh

Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sinjai Diawali di Desa Turungan Baji

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Tim penilai lomba desa Tingkat Kabupaten Sinjai lakukan penilaian, di Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Senin (11/02/2019)

Dalam penilaian yang dilakukan itu, tim penilai yang diketuai Drs. Abd. Khalik ini disambut meriah oleh warga yang bertempat di Halaman SMP Negeri 4 Desa Turungan Baji.

Baca Juga: Disperkimtan Sinjai Target 20 Bidang Aset Pemda Disertifikatkan Tahun Ini

Turut menyambut Camat Sinjai Barat, Andi Paris, Kapolsek Sinjai Barat AKP Kasri, Danramil Lettu Inf Tamrin, anggota DPRD Sinjai, H. Nurbaya Toppo serta para kepala desa dan kelurahan se-Kecamatan Sinjai Barat.

Camat Sinjai Barat, Andi Paris dalam sambutannya, merasa bangga dengan desa Turungan Baji telah mewakili Kecamatan Sinjai Barat pada penilai lomba desa kali ini.

Menurutnya semua ini tentu tidak lepas dari kebersamaan dan keakraban masyarakat dengan instansi pemerintah Kecamatan, begitupun peran serta seluruh komponen masyarakat.

“Kepada tim penilai saya berharap agar dapat melakukan penilaian secara obyektif, dan semoga desa ini dapat menjadi yang terbaik dari desa-desa lainnya”, Harapnya.

Sementara itu, Abdul Khalik menjelaskan bahwa tujuan lomba desa ini untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang dilaksanakan di desa secara menyeluruh meliputi penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Jadi lomba desa ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pembinaan desa dengan mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan”, Terangnya.

Adapun Indikator penilaiannya meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Baca Juga: Wabup Sinjai Ajak Kaum Millenial Persiapkan Diri Hadapi Era Pasar Global

“Semoga apa yang menjadi indikator penilaian ini dapat dipenuhi oleh desa”, Ujarnya.

Usai penyambutan, seluruh tim penilai dari berbagai unsur seperti Dinas Kesehatan, PKK, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta dari Kepolisian menyebar melakukan penilaian di tiap-tiap pos penilaian.

Desa Turungan Baji ini merupakan desa pertama yang dinilai dari sembilan desa yang akan dinilai. Rencananya tim penilai lomba desa kembali akan mengunjungi desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur, Selasa (12/2/2019) besok. (Tim)

Editor/Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU