Perintah Langsung Bupati ASA, Bayi Tanpa Anus Segera Dirujuk Jalani Operasi Kedua, Biaya Ditanggung Pemerintah

KABARSINJAI – MS, seorang bayi yang lahir tanpa anus di Kabupaten Sinjai mendapatkan perhatian serius dari Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai, ini, memerintahkan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai untuk melihat kondisi MS.

MS merupakan bayi kembar dari pasangan Heri Gunawan dan Elsa, warga Jalan Bulu Saraung, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara. Namun, MS lahir dalam keadaan tidak normal seperti bayi pada umumnya.

MS mengalami kelainan dengan lahir tidak ada lubang pantat. Kemudian, belahan pantat ada dua. Sementara penis bercabang tiga.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Emmy Kartahara Malik mengatakan, bayi kelainan lahir ini telah mendapatkan penanganan dan dikunjungi oleh tim program home care dan home visit, serta petugas gizi.

Kini, bayi yang lahir sejak 5 bulan lalu itu kembali akan diantar ke Rumah Sakit Tajuddin Khalid, Makassar untuk mendapatkan perawatan dan operasi kedua setelah sebelumnya juga telah dirujuk di rumah yang sama.

Saat dirujuk pertama kalinya, sehari setelah lahir, MS langsung mendapatkan penanganan berupa operasi colostomy atau dibuat lubang pembuangan kotoran dari perut.

“Sesuai perintah pak Bupati, Insya Allah minggu ini pasien akan diantar kembali ke Makassar untuk melakukan operasi kedua. Kita sudah koordinasi dengan orang tua MS,” kata dr. Emmy, Senin (10/4/2023)

Untuk biaya perawatan, dr. Emmy mengaku semuanya ditanggung Pemkab Sinjai melalui asuransi kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Kartu BPJSnya juga sudah siap, dia terdaftar sebagai PBI APBD atau iurannya ditanggung Pemda, makanya kita upayakan minggu ini untuk dirujuk,” jelasnya.