oleh

Perjuangan Bupati ASA, Petani di Sinjai Dapat Bantuan Benih Kacang Tanah Seluas 50 Hektare

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terus memberi perhatian kepada petani di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai. Hal ini dibuktikan dengan datangnya kembali bantuan untuk petani, yakni bantuan benih kacang tanah, Jumat pagi (15/10/2021)

Bantuan benih kacang tanah ini berasal dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia yang telah diperjuangkan Bupati ASA untuk petani di Sinjai.

“Kita bersyukur karena tahun ini kita dapat bantuan sebab sebenarnya di awal tahun bantuan ini direfokusing, akan tetapi dengan upaya komunikasi yang dilakukan oleh bapak Bupati Sinjai ke Kementerian, bantuan ini dialokasikan kembali,” ungkap Kadis Tanaman Pangan, Hortikutura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai.

Kamaruddin menjelaskan, benih kacang tanah tersebut sebanyak 6.000 Kilogram/ 6 ton yang diperuntukkan kepada kelompok tani yang ada 4 kecamatan yaitu Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Bulupoddo dan Sinjai Selatan.

BACA JUGA: Ketua Komisi 1 DPRD Sebut Kontribusi IWO untuk Sinjai Nyata Adanya

Adapun benih kacang tanah ini terdiri dari tiga varietas, yaitu kacang tanah varietas kancil, varietas gajah dan kacang tanah varietas kelinci.

“Bantuan ini untuk 50 hektare lahan, seperti di Sinjai Utara untuk luas lahan 10 hektare, Sinjai Selatan 10 hektare, Kecamatan Bulupoddo 10 hektare dan 20 hektare di Kecamatan Sinjai Timur,” sambungnya.

BACA JUGA: Andi Wangsa Siap Bertarung Rebut Kursi Ketua DPK KNPI Sinjai Selatan

Kamaruddin, berharap bantuan dapat menjadi pendorong para petani untuk dapat mengembangkan budidaya kacang tanah dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan, kacang tanah merupakan komoditas yang cukup menguntungkan dan memiliki potensi pasar yang luas.

“Komoditas kacang tanah ini menjadi penting karena dijadikan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat sehingga dengan adanya bantuan benih kacang tanah ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitasnya dan memperluas pasarannya agar petani lebih sejahtera,” jelasnya.

Bantuan untuk petani di Sinjai memang menjadi salah satu perhatian Bupati ASA dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain bantuan ini, sebelumnya Bupati ASA juga sukses memperjuangkan bantuan lainnya di bidang pertanian seperti Alat mesin pertanian (Alsintan), bibit kopi, bawang merah dan bawang putih serta komoditi lainnya. (And)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU