Perkokoh Rasa Nasionalisme, Ini Yang dilakukan Kesbangpol Sinjai!!!

Kabarsinjai.com – Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya membuka secara resmi Workshop Pemantapan Ketahanan Nasional, Kebhinekaan Yang Berkarakter, dan Berkearifan Lokal Kabupaten Sinjai Tahun 2017 yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Aula Hotel Grand Rofina Jalan Jenderal Sudirman. Selasa, (21/11/2017).

Workshop yang mengangkat tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, para pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaruan Kebangsaan (FBK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) serta diikuti oleh ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat se kabupaten Sinjai.

Ketua panitia pelaksana Hj. Irawati dalam laporannya menyampaikan bahwa, tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk kader ketahanan nasional yang menjamin keutuhan Negara dalam kebhinekaan sebagai perwujudan bangsa yang majemuk, serta menjadikan kearifan lokal sebagai indentitas, bentuk dan ciri kedaerahan yang terintegrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Workshop ini dilaksanakan untuk melahirkan generasi muda yang tabggap terhadap kebhinekaan, menyediakan kader yang mampu berfikir integratif, beretika dan berwawasan nusantara serta sebagai konsep yang stategis sebagai pemecah permasalahan kebhinekaan didaerah,” katanya.

Sementara Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat kabupaten Sinjai untuk membangun keisyafan bersama bahwa kelangsungan hidup sebagai bangsa bukan tergantung kekuatan militer semata.

“Kelangsungan hidup kita sebagai bangsa adalah akumulasi dari kekuatan rakyat, karena dengan kekuatan rakyat maka bangsa ini akan mampu menghadapi segala ancaman dan tantangan,” jelasnya.

Adapun pemateri pada Workshop Pemantapan Ketahanan Nasional, Kebhinekaan Yang Berkarakter, dan Berkearifan Lokal Kabupaten Sinjai yang dirangkaikan dengan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2017 yakni, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Czi Gunawan Susianto, Kapolres Sinjai, AKBP Ardiansyah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari), Noer Adi, Kepala Kesbangpol, Andi Jefrianto Asapa, serta Akademisi, Dr. Hermansyah MD. (*)

Editor   : A. Mirza.