oleh

Perpres Tentang RANHAM Diluncurkan, ini Kiat Pemkab Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia, Edward Omar Sharif Hiariej resmi meluncurkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM).

Peluncuran Perpres RANHAM ini dilakukan secara virtual yang turut diikuti oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dari Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda). Kamis, (05/08/2021)

Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Haerani Dahlan yang ditemui menjelaskan, Perpres tentang RANHAM tersebut telah memasuki generasi kelima yang pertama kali hadir sejak tahun 1998 silam.

Dimana kata dia, pada Perpres itu di dalamnya terdapat 4 aspek yang akan menjadi fokus dalam Rencana Aksi Nasional terkait Hak Asasi Manusia.

BACA JUGA: Program Vaksinasi Terus Berlanjut, Direktur RSUD Sinjai: Animo Warga Tinggi

“Keempat aspek tersebut yang menjadi konsen dalam RANHAM ini diantaranya perempuan, anak, penyandang disabilitas serta masyarakat adat,” ungkapnya.

Dalam menyambut RANHAM tersebut lanjut Haerani, Pemkab Sinjai akan segera mengambil langkah dengan melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Aspek yang mencakup dalam RANHAM ini kita berharap agar di Kabupaten Sinjai ini digerakkan oleh teman-teman OPD yang berkaitan dengan tupoksinya,” jelasnya.

Dari sisi perencanaan tambahnya, peran Bappeda akan senantiasa diharapkan perannya. Kemudian Bagian Hukum Setdakab sebagai sekretariat RANHAM.

BACA JUGA: Libur Nasional Tahun Baru Islam dan Maulid Nabi Bergeser

Adapun yang menangani persoalan tentang perempuan dan anak yakni DP3AP2KB. Serta yang berkaitan dengan penyandang disabilitas, Dinas Sosial diharapkan mengambil peran di dalamnya. Untuk masyarakat adat, ada Dinas PMD dan Disparbud.

Dalam peluncuran Perpres Nomor 53 Tahun 2021 ini, Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai didampingi Kabag Hukum Setdakab, A. Adis Dharmaningsih Asapa dan Kabag Pemerintahan Setdakab, A. Veronika Amir. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU