oleh

Pilkada 2018 – Giliran Kades Pattongko Tellulimpoe di Vonis Pengadilan

KABARSINJAI.COM, – Oknum kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sinjai, kembali di vonis 2 bulan percobaan 4 bulan, oleh Pengadilan Negeri (PN) Sinjai, lantaran telah terbukti melakukan pelanggaran Pilkada 2018.

Oknum Kades ini merupakan daftar ketiga kades yang telah divonis pelanggaran pilkada, yakni Kepala Desa Pattongko, Kecamatan Tellulimpoe, Rahman.

Komisioner Panwaslu Sinjai, Divisi Hukum dan Penindakan, Saifuddin mengatakan kades Pattongko di vonis karena terlibat langsung dan memfasilitasi kampanye Paslon Petahana Sabirin Yahya-Andi Mahyanto Massarappi, (SBY-AMM) menggunakan fasilitas pemerintah.

“Kepala desa tersebut Terbukti melanggar pasal 188 jo pasal 71 ayat 1 uu no 10 th 2016, yaitu setiap kepala Desa dilarang menggunakanan program dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon,” pungkasnya, Kamis (7/6/2018).

Pelanggaran yang dimaksud, lanjut Saifuddin adalah terbukti mengumumkan di Masjid akan adanya kegiatan kampanye paslon bupati no urut 2, (SBY-AMM) dengan mengizinkan penggunaan teras Pasar.

Tidak hanya itu, Saifuddin menambahkan juga mengungkapkan kades Pattongko juga memfasilitasi penggunaan kursi milik kantor desa dalam kampanye. “Kades ini terbukti aktif selama kegiatan kampanye sehingga menguntungkan paslon bupati no urut 2,” jelasnya.

Sebelumnya, PN Sinjai juga telah memvonis Dua Kades di Sinjai dengan dugaan pelanggaran yang sama, yakni Kades Tongke-tongke, Sirajuddin dan Kades Lasiai, Ambo T. dari kecamatan Sinjai Timur, mereka mandapatkan masing – masing dua bulan penjara, dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Sinjai, Selasa (8/5/2018) lalu. (*)

Editor / Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU