oleh

Pilkada Makin Dekat, Begini Cara Panwaslu Sinjai Jaga Netralitas ASN..

KS – Dalam rangka Pilkada serentak 2018, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sinjai kembali menggelar sosialisasi tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gedung Pertemuan Sinjai. Rabu, (28/02/2018).

Ketua Panwaslu Sinjai A. Muh Rusmin mengatakan, kegiatan ini betujuan untuk berbagi informasi kepada ASN bahwa pesta demokrasi adalah pesta pemilihan kepala daerah yang sesuai dengan Undang-Undang yang mengatur tentang netralitas ASN.

Ia juga menyebutkan tanggungjawab ASN, saat ini dalam moment Pilkada hanyalah sebatas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan tidak terlibat politik praktis.

“ASN dalam tahapan Pilkada diminta netral atau tidak secara terang-terangan memberikan dukungan kepada salah satu calon atau keberpihakannya, meski demikian ASN tentunya berhak memberikan hak pilihnya pada saatnya nanti dibilik suara,” jelasnya.

Sementara itu, Kordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Azry Yusuf, dalam sambutannya saat membuka acara ini menyampaikan, bahwa pihaknya telah banyak melakukan aksi pencegahan termasuk ASN, Para calon, Tim Sukses serta media massa.

” Kami bukan untuk menceramai, akan tetapi mari bersama-sama mengkampanyekan netralitas ASN dalam peralihan kepemimpinan, karena tidak ada pemilu yang adil ketika ada ASN yang terlibat didalamnya,” pungkas Azry.

Adapun pemateri pada sosialisasi yang digelar ini, Guru besar Fakultas Ilmu Hukum Universitas Hasanuddi, Prof. Dr. Anwar Borahima SH, MH , Koordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Azry Yusuf, dan Asisten Administrasi Kepegawaian Setdakab Sinjai Drs. Akmal.

Sosialisasi yang mengangkat tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” diikuti sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan ASN di Sinjai.

SAHAR/HIRMAN.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU