oleh

Pilkades Serentak Gelombang II 2023, Bupati ASA Tekankan Netralitas Anggota BPD

KABARSINJAI.COM – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023 tingkat Kabupaten Sinjai, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kegiatan ini diikuti puluhan anggota BPD di 13 Desa yang bakal melangsungkan Pilkades serentak di Aula pertemuan Grand Rofina, dibuka Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Sabtu (19/11/2022).

Bupati ASA mengatakan, Bimtek yang dimulai dari anggota BPD sebagai salah satu pelaksana pemilihan di desa sangat perlu dilakukan agar mereka bisa memahami regulasi Pilkades dan menjadi garda terdepan dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II di Kabupaten Sinjai.

Menurutnya, bimtek ini merupakan salah satu upaya Pemerintah daerah dalam mensukseskan Pilkades serentak dengan melakukan penguatan koordinasi dengan jajaran Forkopimda hingga ke tingkat desa.

BACA JUGA:
Bupati ASA Sambut Baik Hadirnya Klinik Utama Firanum Medika di Sinjai, Ini Alasannya

Pengurus PGRI Sinjai Berkumpul, Gelar Konferensi Kerja II

Olehnya itu, melalui Bimtek tersebut diharapkan anggota BPD mampu bekerja dengan profesional, mengedepankan aturan sehingga persoalan yang muncul pada setiap tahapan dapat diminimalisir demi mencegah konflik yang tumbuh di tengah masyarakat.

“Teman-teman BPD harus mengawal Pilkades damai dengan selalu menjaga netralitas agar ketentraman di desanya selalu terjaga dengan baik. BPD juga harus mengawasi kinerja panitia Pilkades dengan selalu atau aktif memantau progres yang dilakukan oleh panitia di tingkat desa,” ucap Bupati ASA.

Alumni Monash Australia University itu, juga mengingatkan anggota BPD sebagai aparat pemerintah di tingkat desa dapat membantu pemerintah daerah dalam mensosialisasikan regulasi yang terkait Pilkades agar masyarakat dapat mengetahui aturan secara luas.

“Jangan hanya melakukan monitoring pada hari pemungutan suara tapi kamu minta untuk aktif mengawal tahapan Pilkades mulai tahapan persiapan sampai pada tahapan penetapan sehingga dapat di deteksi potensi masalah yang dapat menimbulkan terjadinya sengketa Pilkades,” jelasnya.

BACA JUGA:
Dukung Gerakan Sehat Masa Depan Remaja, Dinkes Sinjai Gelar Aksi Bergizi Serentak

Catat Jadwal Gebyar UMKM di Sinjai, Dimeriahkan Turnamen Katto-katto

Bimtek BPD Pilkades serentak gelombang II tahun 2023 dihadiri Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Drs. Yuhadi Samad.

Sedangkan narasumber terdiri dari Dandim 1424 Sinjai, perwakilan Polres Sinjai, Kejari Sinjai hingga perwakilan dari Pengadilan Negeri Sinjai.

Pilkades serentak gelombang II sendiri bakal dilaksanakan pada Kamis 9 Maret 2023 mendatang. Helatan pesta demokrasi enam tahunan ini diikuti 13 desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Sinjai. (UC)

Komentar Facebook