Pj Bupati Sinjai Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas

KABARSINJAI Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah memberikan pujian atas inisiatif positif Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (AIUMKM) dalam menggelar sosialisasi Barcode kemasan untuk peningkatan daya saing produk Industri Kecil Menengah (IKM).

Hal itu disampaikan TR Fahsul Falah saat membuka sosialisasi tersebut di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (16/01/2024) dengan bekerjasama GS 1 Indonesia.

Beliau menyebut langkah ini sebagai terobosan yang mendukung kemajuan UMKM lokal, mempermudah identifikasi produk, dan meningkatkan daya saing di pasar.

Menurutnya pelaksanaan sosialisasi ini sangat positif dan membuktikan komitmen AKUMANDIRI Sinjai untuk mendorong UMKM di Kabupaten Sinjai naik kelas.

“Idenya (AIUMKM Sinjai) sangat baik dan luar biasa memberikan pengetahuan untuk mendorong teman-teman pelaku usaha untuk naik kelas,” pungkasnya.

Dia menekankan pemberian barcode kemasan tentu akan memberikan nilai tambah pada produk, sehingga dapat bersaing dan masuk ke pasar modern seperti toko retail dan sebagainya.

Selain itu memberikan kepercayaan kepada konsumen terhadap produk karena telah bersertifikasi, halal, ber BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Tolong ini kemasan-kemasannya juga diperhatikan sehingga orang dalam membeli tidak was-was lagi tentang produk kita,” jelasnya sembari berharap kepada para pelaku UMKM dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik.

Sementara itu, ketua AIUMKM Sinjai Jumain menyampaikan dasar pelaksanaan sosialisasi barcode kemasan digagas karena sulitnya menembus pasar modern.

“Kami berharap dengan sosialisasi ini, tantangan kedepan dapat bisa diatasi sehingga UMKM naik kelas dan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Materi sosialisasi barcode kemasan diisi oleh Reza Hardiansyah perwakilan dari GS 1 Indonesia dengan mempresentasikan manfaat barcode kemasan hingga proses pengusulan barcode-nya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan ESDM Sinjai, Muh Saleh, Kabag Perekonomian dan SDA Setdakab Sinjai, Nurhayati, serta para pengurus AIUMKM Sinjai. (“”)