Pj Bupati Sinjai Pantau Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 dan Pengecekan Gudang Logistik KPU

KABARSINJAI Pastikan berjalan aman dan lancar, Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah bersama Forkopimda melakukan pemantauan pelipatan kertas atau surat suara Pemilu di dua tempat yakni di Gedung Sinjai Bersatu dan Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sinjai., Senin (08/01/2023).

Digedung Sinjai bersatu, Pj Bupati Sinjai bersama forkompimda melihat langsung proses pelipatan surat suara yang akan digunakan oleh masyarakat pada Pemilu Serentak 14 Februari 2024 mendatang.

Sambil melihat proses pelipatan suara suara Pemilu tersebut, Pj Bupati Sinjai juga mengecek kertas surat suara.

Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah mengatakan pemantaun ini dilakukan untuk memastikan pelipatan kertas surat suara Pemilu berjalan lancar dan aman.

“Jadi hari ini kita turun bersama Bapak Kapolres, Dandim 1424, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Sinjai untuk memastikan proses pelipatan surat suara berjalan aman tanpa ada kendala”, Ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan di Aua KPU Sinjai, selain melihat langsung proses pelipatan surat suara. Pj Bupati Sinjai juga melakukan pengecekan kotak suara yang disimpan di gudang Logistik KPU Sinjai.

“Saya berharap agar dalam proses pelipatan surat suara ini tetap berjalan sesuai dengan aturan yang ada”, Tegas Pj Bupati Sinjai.

Selain itu, Ia juga menegaskan agar dalam proses pelipatan surat suara ini, pihak pengamanan dan Bawaslu tetap melakukan pengawalan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga berterima kasih kepada aparat pengamanan maupun dari Bawaslu yang terus mengawal jalannya proses pelipatan surat suara ini”,¬† Ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sinjai, Muhammad Rusmin mengatakan, pelipatan surat suara ini mulai dilakukan sejak Sabtu, (06/01) lalu dengan melibatkan 110 orang petugas pelipat surat suara.

“Target kami mudah-mudahan bisa selesai hari ini, kita mulai hari Sabtu kemarin. Jumlah tenaga yang dilibatkan 110 orang. Yang kami libatkan warga sekitar, dan beberapa warga dari luar Sinjai Utara,” tuturnya.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 200.159 lembar.

“Pelipatan surat suara ini dilakukan di 3 tempat, Selain di Aula KPU Sinjai, Gedung Sinjai Beratu dan juga dilakukan di Ruko yang berada di samping Polres Sinjai”, Ungkaonya.

Terpantau di hari ketiga pelaksanaan pelipatan surat suara, ratusan petugas tampak sementara melipat surat suara untuk Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pelipatan surat suara ini dikawal ketat aparat kepolisian dari Polres Sinjai. (**)