Polantas di Sinjai Terapkan Tilang Elektronik Sistem Mobile, Pakai Kamera Ponsel

KABARSINJAI – Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Sinjai mulai memberlakukan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Warga atau pengendara yang kedapatan melanggar kasat mata akan direkam menggunakan kamera ponsel.

Kasat Lantas Polres Sinjai, AKP Muh. Arsyad membeberkan penerapan tilang elektronik dilakukan secara mobile dengan menggunakan kamera Ponsel yang terintegrasi dengan data ETLE Nasional.

Para personel Satlantas Polres Sinjai, akan memotret pengendara yang melanggar dengan kasat mata karena penerapan tilang Elektronik tidak menggunakan kamera yang biasanya terpasang di tiang traffic light sama seperti di kota-kota besar.

“Untuk titik kami mobile karena kami bukan pakai dari Traffic Light, tapi patroli dengan camera Handheld,” katanya saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (20/1).

Setelah memotret, pelanggar kata dia akan diberikan surat konfirmasi sesuai alamatnya dan menunggu selama lima hari. Jika dalam waktu 5 hari tidak ada klarifikasi dari pelanggar lalulintas, maka data STNK akan tercatat di Samsat sebagai pelanggar.

Menurut mantan Kasat Lantas Polres Maros, itu bahwa penerapan Tilang Elektronik ini, karena persentase angka kecelakaan lalu lintas di kabupaten Sinjai yang naik.

“Ini juga menjadi atensi Ditlantas Polda Sulsel sebab persentase angka kecelakaan di kabupaten Sinjai naik hingga mencapai 20 persen di tahun 2022 dan 2023,” jelasnya.

Kendati demikian, Arsyad mengaku tetap menerapkan tilang manual jika mendapati pengendara yang melanggar lalulintas. (*/Ac)