oleh

Porgram IB Plus Berkembang di Sinjai Barat, Bupati ASA: 600 Pedet Lahir Tahun ini

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Program Inseminasi Buatan (IB) Plus pemerintah kabupaten (Pemkab) Sinjai, sangat menguntungkan bagi peternak sapi di Kabupaten Sinjai.

Hal itu diungkapkan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di sela peninjauan hasil program IB Plus di Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Selasa (30/11/2021)

Menurut Bupati ASA, program ini mampu meningkatkan perekonomian alias kesejahteraan peternak dari hasil IB Plus. Sama seperti peternak di kecamatan Sinjai Barat.

Pedet atau anak sapi yang berumur 1 tahun saja jenis Simental sudah dihargai sebesar Rp10 juta. Berbeda dengan harga sapi lokal pada umumnya yang masih dihargai sekitar Rp5 juta.

BACA JUGA: Ditemukan Berduaan di Kamar, Sepasang Dokter di Sinjai ini Ternyata Bukan Suami Istri

“Alhamdulillah pedet dari hasil IB Plus kita cukup berkembang, khususnya di Sinjai Barat tahun ini sekitar 600 ekor pedet lahir,” ungkap Bupati ASA didampingi Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir Burhanuddin.

Keuntungan lainnya kata Bupati ASA, adalah setiap sapi yang di IB otomatis terdaftar asuransi usaha ternak sapi (AUTS) yang menjamin ternak sapi yang mati karena sakit dan sebagainya.

Komentar Facebook