oleh

Pro Kontra Vaksin MR, Dinkes Sinjai Tetap Jalankan Imunisasi Sesuai Program Pemerintah

KABARSINJAI.COM – Pro kontra vaksin Measles Rubella (MR) yang saat ini menjadi buah bibir di masyarakat terkait dengan surat Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Kementerian Kesehatan yang menyebutkan belum di daftarkan untuk proses sertifikasi halal.

Meski demikian pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai menegaskan akan tetap melaksanakan Imunisasi MR terhadap 68.612 anak di Sembilan Kecamatan.

Sekertaris Dinas Kesehatan Sinjai, Irwan Suaib mengaku pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menunda atau menghentikan imunisasi ini tanpa adanya perintah dari pemerintah pusat.

Baca juga ;
Lakukan Imunisasi MR, Dinkes Libatkan 1.655 Kader Posyandu di Sinjai
Wakil Bupati Sinjai Canangkan Imunisasi MR di SDN 103 Bontopare

“Inikan program Pemerintah Pusat, kami di daerah hanya menjalankan program tersebut, dan jika ada permintaan penundaan dari Kemenkes pasti kita tindaklanjuti,” pungkas, Irwan Suaib, yang ditemui awak media, Jum’at (3/8/2018).

Irwan menambahkan, pihaknya juga tidak memaksa anak yang akan melakukan vaksin tanpa ada surat persetujuan yang di tandatangani pihak bersangkutan dalam hal ini orang tua atau wali anak sebagai surat izin Imunisasi.

“Bagi siswa yang orang tuanya keberatan dengan tidak tandatangan surat izin maka pihak Dinkes tidak akan memberi vaksi ke siswa tersebut,” tambahnya.

Baca juga ;
Ketua AFK Sinjai : Liga Futsal Nusantara 2018 Akan Dihelat di Sinjai

Secara terpisah, Ketua MUI Sinjai H. Abd. Hamid DM saat ditemui dikediamannya menyampaikan pihaknya saat ini tidak bisa menolak dan melarang program tersebut.

“Kami tidak menolak, silahkan jalan sambil menunggu fatwa MUI Pusat apakah halal atau haram,” Tandasnya. (*)

Editor / Irawan

Komentar Facebook

BERITA TERBARU