Program Bedah Rumah TNI AD di Sinjai Rampung, Kunci Diserahkan Staf Ahli Bupati, Begini Penekanannya

KABARSINJAI.COMProgram bedah rumah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang dilaksanakan di Kabupaten Sinjai rampung. Rumah tersebut terletak di Dusun Marana, Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso secara virtual yang berlangsung di Kabupaten Bone, Rabu (28/12/2022) sore.

Dalam sambutannya, sebanyak 25 rumah telah di bedah melalui program tersebut tersebar di wilayah teritorial Kodam XIV/Hasanuddin. Jumlah itu sudah termasuk rumah Puang Bolong warga Dusun Marana di Desa Pasimarannu.

“Jadi program ini adalah program Panglima Kasat TNI AD yang kita realisasikan ke bawah, untuk ikut membantu warga yang membutuhkan uluran tangan terkait rumah layak huni,” pungkasnya.

BACA JUGA: Bupati ASA Peduli Kesejahteraan Nelayan, Tahun 2023 Bantuan Meningkat Dua Kali Lipat

Khusus di Sinjai, kunci rumah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sinjai, yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Lukman Fattah didampingi Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin.

Lukman Fattah, mengaku program ini sangat strategis dan menyentuh langsung masyarakat kurang mampu yang ada di wilayah kerja Kodim 1424 Sinjai melalui pembinaan dari Babinsa setempat.

Tidak hanya itu, program ini dinilai sejalan dengan program yang tertuang dalam visi dan misi Bupati Sinjai periode 2018-2023 di bidang sosial dan kemasyarakatan. Program itu diberi nama Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah yang setiap tahunnya dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat yang belum memiliki hunian yang layak.

“Program bedah rumah ini sejalan dengan program pemerintah yang setiap tahun kita lakukan, tentu ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat dari kemarin tidak layak huni akhirnya layak huni seperti sekarang ini,” katanya.

BACA JUGA: Lomba Video Kreatif Hakordia 2022 Kejari dan Disdik Sinjai, Ini Daftar Juaranya

Dia berharap kedepan program ini berkesinambungan. Kuota penerima program ini juga ikut bertambah sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan bantuan bedah rumah. “Mudah-mudahan berlanjut setiap tahun dan kuotanya bertambah, serta dapat berkolaborasi dengan pemerintah,” harapnya.

Usai penyerahan kunci, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako kepada sejumlah warga kurang mampu di daerah tersebut. Program ini adalah Babinsa Masuk Dapur Kodim 1424 Sinjai.

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan Kapolres, Kajari, serta disaksikan Camat Sinjai Timur, Akbar, Para pimpinan Baznas Sinjai serta Kepala Desa Pasimarannu, Syamsul Bachri. (Ac)