oleh

Program IB Dongkrak Pendapatan Peternak Sapi di Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sapi hasil Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di bawah kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA) di sektor peternakan.

Salama, salah seorang peternak sapi mengaku senang dengan program IB yang dicanangkan oleh pemerintah daerah.

Semenjak ia mengikuti program sapi IB ini, keuntungan yang diraupnya jauh lebih besar dibandingkan sapi hasil kawin alami.

“Bicara keuntungan, jauh lebih besar jika sapi hasil IB dibandingkan sapi bali. Penjualannya kalau sapi IB berumur 8 bulan sudah bisa mencapai Rp10 juta, bahkan lebih,” ungkapnya. Sabtu, (09/10/2021)

BACA JUGA: Status PPKM Turun ke Level 2, Bupati ASA Ajak Massifkan Prokes dan Vaksinasi

Sedangkan jika sapi bali hasil kawin alam yang berumur 10 bulan lanjut Salama, penjualannya hanya bisa mencapai Rp4 juta atau paling tinggi Rp5 juta.

Dengan adanya program ini, Salama merasa senang dan bersyukur kepada Bupati ASA yang telah membuktikan keseriusannya dalam membangun sektor peternakan.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Bupati atas adanya program IB ini, karena hasil atau keuntungan yang didapat itu meningkat 2 kali lipat,” ucapnya.

Ia mengaku, program ini baru dirasakannya di era kepemimpinan Bupati ASA.

“Ini tidak pernah diprogramkan sebelumnya. Makanya, saya merasa senang program ini bisa hadir dalam meningkatkan perekonomian bagi masyarakat, khususnya para peternak sapi,” tandasnya.

BACA JUGA: Verifikasi Kabupaten Sehat Selesai, Tim Penilai Jempol ‘Kampung Sehati’

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, H. Burhanuddin telah menyatakan bahwa melalui program IB tersebut, Bupati ASA komitmen untuk menjadikan Sinjai sebagai daerah metropolitan sapi di Sulawesi.

“Bapak Bupati sesuai dengan programnya mau menjadikan Sinjai sebagai daerah metropolitan sapi di Sulawesi dan ini kita bisa capai karena melihat tingkat populasi kita yang demikian besar,” bebernya.

Sekedar diketahui, Pemkab Sinjai juga telah mencanangkan program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) yang dikombinasikan dengan program IB kepada para peternak sapi di Bumi Panrita Kitta julukan Sinjai ini. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU