oleh

Program Kartu Nikah Elektronik Diluncurkan Kemenag, ini Manfaatnya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Di Kabupaten Sinjai, setiap pasangan pengantin yang telah menikah selain mendapatkan buku nikah, juga akan diberikan identitas kartu nikah elektronik.

Program tersebut digagas oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI yang mulai diberlakukan di Sinjai sejak Januari 2021 lalu.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sinjai Utara, Agussariman saat ditemui di ruang kerjanya. Jumat pagi, (21/05/2021)

Saat dikonfirmasi, dirinya menjelaskan bahwa hadirnya kartu yang berukuran seperti ATM  berwarna hijau daun ini dapat mempermudah dalam mengakses setiap data pasangan suami istri yang telah menikah.

BACA JUGA: Polri Luncurkan Hotline 110, Pemkab Sinjai Respon Positif

“Di dalam kartu nikah elektronik ini terdapat barcode yang menyimpan semua data pernikahan pasangan suami istri (pasutri) yang bersangkutan. Jadi jika datanya sewaktu-waktu diperlukan, masyarakat akan mudah mengaksesnya,” katanya.

BACA JUGA: STQH XXXII Tingkat Provinsi Sulsel Akan Dihelat, Sinjai Terus Berbenah

Lebih lanjut dikatakan, semua urusan pernikahan yang dilakukan di KUA itu tidak dipungut biaya sepeser pun atau nol rupiah, termasuk pengurusan kartu nikah elektronik.

“Pelayanan terkait urusan pernikahan tidak dipatok biaya alias no rupiah, termasuk kartu nikah elektronik yang peruntukannya satu keping kartu untuk sepasang pasutri,” tandasnya. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU