oleh

Program Pamsimas Kini Dirasakan Warga Gunung Perak

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) meresmikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021 di Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat. Kamis, (12/08/2021)

Tercatat, ada 530 Kepala Keluarga (KK) di Desa Gunung Perak kini menikmati program silang dari Pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pemerintah desa yang tersebar di tiga dusun.

Usai meresmikan Pamsimas, Bupati ASA mengatakan, program ini merupakan upaya pemerintah dalam menghadirkan air bersih yang sehat, sehingga dapat meningkatkan derajat hidup dan kesehatan masyarakat di desa.

“Ini merupakan program yang Insya Allah sangat bermanfaat untuk desa khususnya, ketersediaan air bersih”, ujarnya.

BACA JUGA: Tawarkan Kerjasama, PT Pegadaian Persero Kunjungi IAIM Sinjai

Melalui program ini kata Bupati ASA, diharapkan tidak ada lagi warga desa yang tidak mendapatkan akses air minum yang berkualitas yang dapat mengurangi penyakit yang disebabkan oleh air yang kurang sehat.

“Kalau sudah punya air bersih di lingkungan masing masing, kehidupan akan meningkat, kesehatan akan meningkat”, katanya.

Kepada masyarakat Desa Gunung Perak, Bupati ASA menitip pesan agar sarana dan prasarana program Pamsimas ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, termasuk profesional dalam pengelolaan program tersebut.

BACA JUGA: Internal Sekretariat DPRD Sinjai Bakal Gelar Upacara HUT RI Ke-76, ini Pengakuan Sekwan

“Saya berharap pengelolaannya profesional, kesadaran warga untuk memanfaatkan dan memelihara fasilitas yang ada agar Hibah Insentif Desa (HID) berupa bantuan pengembangan Pamsimas kembali diperoleh ke depan”, harapnya.

Sementara kordinator Pamsimas Kabupaten Sinjai, Islamiah, menuturkan, program Pamsimas yang berjalan di Kabupaten Sinjai kini memasuki tahap ke lima dan menyasar 62 desa dari 67 desa di Kabupaten Sinjai.

“Kalau di Sinjai Barat, alhamdulillah sudah tersentuh semua, ini berkat komitmen masyarakat dan pemerintah desa untuk menggalakkan program berbasis gotong royong ini. Terlebih kepada bapak Bupati yang telah memberikan suport dan perhatiannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat”, pungkasnya.

BACA JUGA: Cara Jitu Satpol PP dan Damkar Sinjai Tertibkan Hewan Ternak yang Terjaring Razia

Sebagai gambaran, program ini merupakan salah satu program unggulan Bupati yang tertuang dalan visi misi Bupati Sinjai 2018ā€“2023 yaitu menjamin suplai air bersih untuk rakyat dan pembangunan sistem sanitasi.

Untuk tahun ini sebanyak 7 desa di Sinjai mendapatkan program tersebut dengan besaran anggaran sebesar Rp1,34 miliar lebih

Peresmian pemanfaatan program Pamsimas di Desa Gunung Perak turut di hadiri Kadis PUPR, Andi Taufiq Saleh, Camat Sinjai Barat Andi Nasrun, Plt Kepala Desa serta sejumlah warga setempat. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU