oleh

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Pemandu Wisata Selam di Sinjai, Ini Tujuannya

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Dinas pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan pemandu wisata selam, di Cafe Orange Hotel Sinjai, Kamis (19/09/19) pagi.

Pelatihan yang terbilang pertama kalinya di Kabupaten Sinjai, ini diikuti oleh peserta dari utusan perangkat daerah yang terkait, utusan kecamatan pesisir serta komunitas sebanyak 40 orang.

Ketua panitia, Muh. Syachwal, mengatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pemandu wisata selam, mendorong partisipasi masyarakat dalam mendukung jasa usaha pariwisata sebagai usaha, dan meningkatkan nilai tambah untuk mendukung pengembangan wisata bahari di Bumi Panrita Kitta.

“Tujuannya untuk memberikan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan sebagai pemandu wisata khususnya wisata menyelam / underwater di Kabupaten Sinjai”, pungkas Muh. Syachwal, yang juga Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Disparbud Sinjai.

Sementara, KaDisparbud Sinjai, Haerani Dahlan menjelaskan kegiatan pelatihan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik dari Kementerian Pariwisata tahun 2019. Lama pelaksanaan hingga tanggal 22 September mendatang.

Lihat juga:  Bakar Ban, Aksi Unjukrasa Koalisi Mahasiswa Muhammadiyah Sinjai Tolak Revisi UU KPK

“Alhamdulillah pemerintah Kabupaten Sinjai dianggap punya concern terhadap pengembangan wisata bahari, sehingga kita dapat mengalokasi yang terkait dengan pengembangan wisata bahari”, kata Haerani.

Haerani Dahlan yang juga mantan Kepala BKPSDMA Sinjai, ini berharap pelaksanaan pelatihan berjalan lancar, sukses, akan menghasilkan anak muda yang memang terlatih dan kompeten.

Dari pelatihan ini, para peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai pemandu wisata selam bersertifikasi, sehingga diakui dan mempunyai kesempatan untuk menjadi pemandu wisata di Kabupaten Sinjai.

“Inshaa Allah akan mendapatkan sertifikat kompetensi. Jadi nanti bisa berkesempatan menjadi pemandu profesional”, jelasnya.

Adapun tim instruktur yang didatangkan Disparbud Sinjai dalam pelatihan ini adalah dari Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. (Ayu)

Editor /Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU