oleh

Puluhan Petugas Laboratorium, Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Program Malaria Dinas Kesehatan Sinjai

Kabarsinjai.com – Sebanyak 32 petugas Laboratorium Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Laboratorium Program Malaria Tingkat Kabupaten Sinjai yang digelar Dinas Kesehatan Sinjai di Aula Hotel Rofina Sinjai. Rabu (08/11).

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Andi Suryanto Asapa saat membuka pelatihan ini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pelaksana atau tenaga mikroskopis terutama yang berada di fasilitas kesehatan terutama di Puskesmas dan di Rumah Sakit.

Suryanto juga menambahkan agar petugas laboratorium di Puskesmas yang memegang program ini untuk lebih aktif dan lebih inovatif serta harus turun langsung lapangan mendeteksi secara dini penyakit yang ada di masyarakat khususnya malaria.

“Ini sangat diperlukan dalam menegakkan diagnosis dan sangat tergantung pada kompetensi dan kinerja petugas laboratorium,” jelasnya.

Malaria sendiri merupakan salah satu penyakit re-emerging yang sampai saat ini menjadi ancaman di daerah tropis dan sub-tropis yang sering menimbulkan wabah dan mempengaruhi angka kesakitan dan kematian pada bayi, balita, dan ibu hamil.

Hadir sebagai narasumber DR. dr. Isra Wahid. Ph.D Kepala Laboratorium Entomologi dan Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Kegiatan ini juga berlangsung selama empat hari kedepan mulai tanggal 8 – 11 november mendatang. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU