oleh

Puluhan Warga Padati Puskesmas Biji Nangka Ikuti Kegiatan Kesatuan Gerak PKK, KB Kes Sekaligus Pemeriksaan Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim

Kabarsinjai.com – Puluhan warga kecamatan Sinjai Borong yanng didominasi kaum perempuan mengikuti kegiatan pelayanan kesatuan gerak PKK, KB Kesehatan tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2017, yang dirangkaikan dengan deteksi dini kanker payudara dan leher rahim yang berlangsung di Puskesmas Biji Nangka, Kecamatan Sinjai Borong.Senin, (13/11/2017).

Kegiatan ini merupakan kunjungan ke tujuh rombongan setelah sebelumnya mengunjungi, Kecamatan Sinjai Tengah, Sinjai Timur, Bulupoddo, Sinjai Barat, Sinjai Utara dan Sinjai Selatan pada pekan lalu, dan dibuka langsung Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sinjai, Ny. Hj. Rahmatia Sabirin Yahya.

Dalam sambutannya Ny. Hj. Rahmatia Sabirin Yahya menyampaikan bahwa salah satu upaya pemerintah yang saat ini tengah digalakkan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk bagi pasangan usia subur adalah melalui pelaksanaan program KB.

“Pelaksanaan tersebut meliputi, pemberian pelayanan KB yang berkualitas, meningkatkan akses dan kualitas informasi, konseling dan pelayanan keluarga berencana yang berkualitas dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),” ungkapnya.

Selain pelayanan KB juga dilaksanakan pelayanan IVA dan SADANIS untuk mendeteksi secara dini kanker payudara dan kanker leher rahim.

“Diharapkan kegiatan ini dapat menemukan penemuan dini kanker dalam stadium yang lebih awal,” harapnya.

Sementara itu Camat Sinjai Borong, H. Zaenal menyambut baik atas kedatangan rombongan dan melaporkan bahwa Program KB di kecamatan Sinjai Borong saat ini juga tengah digalakkan melalui puskesmas dan pustu yang tersebar di kecamatan Sinjai Borong.

“Ini menandakan ada sinergi antara petugas dan masyarakat (akseptor),” ungkapnya.

Diketahui kegiatan ini bekerjasama  dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sinjai.

Acara tersebut dihadiri oleh Pengurus TP PKK Kabupaten Sinjai, pihak DP3AP2KB, Dinas Kesehatan, Camat Sinjai Borong, Ketua Persit Kartika Candra Kirana cabang 32 Kodim 1424 Sinjai, Penyuluh KB se-kecamatan Sinjai Utara, serta pengurus TP PKK kecamatan. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU