Puskesmas Balangnipa Latih Guru UKS Screening Tajam Penglihatan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – UPTD Puskesmas Balangnipa, Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan kesehatan mata bagi Guru UKS atau Screening Tajam Penglihatan, Rabu (11/9/2019)

Kepala Puskesmas Balangnipa, dr. Aliawati Albek mengatakan, tujuan pelatihan tersebut untuk menyebarkan informasi tentang kesehatan mata anak dengan melibatkan para guru UKS.

Guru UKS yang terlibat dalam pelatihan tersebut merupakan guru UKS terpilih wilker yakni, Puskesmas Pulau Sembilan dan Samataring.

“Nantinya peserta pelatihan ini menyampaikan kepada anak didiknya tentang bagaimana menjaga kesehatan mata,” ungkapnya.

Baca Juga: Puskesmas Panaikang Ajak Warga Sinjai Timur Sukseskan GERMAS

Aliawati berharap, para guru pembina UKS juga dapat melakukan skrining dan deteksi dini indera Mata pada anak didiknya masing-masing.

“Ini sangat bersinergi dan membantu tenaga pengelola GIF di masing-masing wilker puskesmas, apalagi mengingat jumlah tenaga tehnis sangat sedikit dibandingkan jumlah sasaran yang akan di skrining,”

Aliawati menguraikan, pentingnya menjaga kesehatan mata bukan hanya bagi anak namun juga bagi orang dewasa.

Menurutnya, sekelompok penyakit dan kondisi yang terjadi selama kanak-kanak atau dewasa muda, yang jika tidak tertangani maka akan menyebabkan kebutaaan atau mengalami gangguan penglihatan berat. (*)

Editor/Andis