Rafael Struick Absen di Semifinal Piala Asia U23, Ini Dia Calon Penggantinya

KABARSINJAI – Rafael Struick harus absen pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 saat melawan Uzbekistan. Struick absen dalam laga Indonesia vs Uzbekistan lantaran harus menjalani hukuman akumulasi kartu.

Pemilik nomor punggung 11 timnas Indonesia, itu mendapat kartu kuning dalam duel lawan Korea, ditambah satu kartu kuning lawan Yordania, sehingga ia harus absen dalam satu pertandingan.

Ketidakhadiran Struick jelas jadi kerugian bagi Timnas Indonesia U-23. Struick sukses mencetak dua gol ke gawang Korea dan yang paling penting Struick adalah sosok yang rajin membuka ruang dan ikut turun ke belakang.

Tanpa Struick di lini depan, Shin Tae Yong harus memutar otak. Ia harus menentukan pemain pengganti untuk mengisi posiis Struick.

Berikut tiga pemain yang jadi calon pengganti Struick dalam laga Indonesia vs Uzbekistan:

  1. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta jadi salah satu calon kuat pengganti Struick. Sananta punya insting gol yang bagus di kotak penalti sebagai penyelesai serangan.

Sananta memang punya tipe main yang beda dengan Struick yang gemar membuka ruang sehingga bakal ada sedikit penyesuaian strategi dan cara distribusi bola di sepertiga akhir lapangan lawan

Namun insting gol Sananta yang terbilang mumpuni bisa jadi pembeda dan menolong Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan. Sananta juga punya mental bagus dan hal itu teruji dari keberaniannya menjadi eksekutor pertama dan sukses menyarangkan dua penalti.

  1. Hokky Caraka

Hokky Caraka juga bisa jadi opsi yang dipilih oleh Shin Tae Yong terkait absennya Rafael Struick. Dalam sejumlah pertandingan terakhir, Shin Tae Yong sering memilih Hokky dibanding Sananta di sejumlah kesempatan.

Selain tipe striker penyelesai serangan di kotak penalti, Hokky juga punya keunggulan dalam hal stamina.
Lantaran jarang bermain hingga babak semifinal, kondisi stamina Hokky tidak terkuras seperti pemain-pemain lain yang sering tampil sebagai pemain inti

  1. Jeam Kelly Sroyer

Sosok Jeam Kelly Sroyer juga bisa jadi alternatif pengganti Rafael Struick. Bila Shin Tae Yong ingin pemain yang lebih banyak menyisir sisi lapangan dan sering berpindah posisi, Sroyer adalah pilihan yang pas.

Sroyer sudah pernah bermain dalam laga Indonesia vs Australia. Saat itu Sroyer bermain mendampingi Rafael Struick dan Witan Sulaeman karena Marselino Ferdinan ditarik ke tengah lapangan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Ivar Jenner yang absen karena kartu merah di laga sebelumnya. (CNN)