oleh

Raih Penghargaan dari Kemenkes RI, ini Kata Kepala Desa Lappacinrana

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI secara virtual berbuah manis untuk Kabupaten Sinjai.

Pasalnya dalam ajang tersebut, Sinjai berhasil menyabet 4 penghargaan sekaligus. Mulai dari Bupati Andi Seto Asapa (ASA) yang diberikan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Bukan tanpa alasan, penghargaan itu disematkan atas pencapaian Bupati ASA membawa Sinjai bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Selain Bupati ASA, penghargaan lainnya juga diberikan kepada Kepala Desa Lappacinrana, Kecamatan Bulupoddo, Mulyanto. Ia dinobatkan sebagai Kepala Desa Terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM.

BACA JUGA: Jokowi Minta Izin Investasi di BUMN Jangan Dipersulit

Penghargaan juga diberikan kepada Resmita dari Puskesmas Bulupoddo sebagai sanitarian, serta Nuraeni selaku Ketua TP PKK Desa Lappacinrana menerima penghargaan sebagai natural leader terbaik.

Usai menerima penghargaan secara virtual dari Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Jumat, (15/10/2021), Mulyanto mengaku senang dan bangga atas pencapaian yang dilakukannya berkat usaha dari semua pihak, termasuk masyarakat Desa Lappacinrana.

“Ini adalah kebanggaan bagi kami karena mendapatkan penghargaan langsung dari Kementerian Kesehatan. Semua itu berkat adanya kesadaran warga yang memang kita selalu berikan edukasi untuk meninggalkan budaya buang air besar sembarangan atau BABS,” katanya.

BACA JUGA: Luar Biasa Bupati ASA, Tiga Penghargaan Bertaraf Nasional Diraih Dalam Sepekan

“Tugas yang harus kita lakukan selanjutnya adalah menjaga agar pilar STBM harus selalu diwujudkan melalui implementasi perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS,” sambungnya.

Sementara itu, Resmita dan Nuraeni yang tidak dapat menyembunyikan rasa gembiranya usai dinyatakan sebagai penerima penghargaan.

Sama seperti Mulyanto, keduanya juga mengaku akan terus bergerak mengedukasi warga tekait pentingnya melakukan pola hidup sehat dengan meninggalkan kebiasaan BABS. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU