oleh

Rakor Dewan Ketahanan Pangan, Plt Sekda Sinjai Tegaskan Daerah Berkewajiban Mewujudkan Ketersediaan Pangan Yang Cukup, Aman dan Seimbang..

Kabarsinjai.com – Pemerintah daerah kabupaten Sinjai melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2017 di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai. Selasa, (19/12/2017) Siang.

Rakor yang mengangkat tema “Sinergitas Program Pembangunan di Daerah Dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Pangan” dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Drs. Akbar Mukmin.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai, Andi Mustakim dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan Rakor ini adalah untuk merumuskan program Dewan Ketahanan Pangan dalam rangka memperkuat sinergitas ketahanan pangan daerah dengan tetap memperhatikan kebijakan nasional dan provinsi.

” Tujuan kegiatan ini tidak lain untuk merumuskan kebijakan dalam mendorong kesertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan, serta melaksanakan evaluasi pengendalian program pada kegiatan pembangunan ketahanan pangan tingkat kabupaten,” katanya.

Sementara itu Plt Sekda, Akbar Mukmin mengatakan pangan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin dalam Undang-Undang Dasar (UUD 1945) sebagai komponen dasar dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Oleh karena itu Negara atau daerah berkewajiban mewujudkan ketersediaan pangan dan pemenuhan pangan yang cukup, aman dan seimbang.

” Kepada seluruh pemangku kepentingan terutama Dewan Ketahanan pangan dan tim Kelompok Kerjanya (Pokja) mampu merumuskan program kebijakan dan mewujudkan kondisi ketahanan pangan yang baik melalui kemandirian pangan agar kedepan tercapai swasembada pangan,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Anggota Pokja Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Ir. Agustan, Mp, Asisten Tata Pemerintahan Setdakab Sinjai, para Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) lingkup pemkab Sinjai, para camat serta para penyuluh ketahanan pangan se Kabupaten Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU