Rakor Pengelolaan Keuangan Desa, Ini Kata Wakil Bupati Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Guna mencegah penyimpangan dan kesalahan dalam Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Sinjai.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai menggelar rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Keuangan Desa terkait Progress Pencairan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2019 dan Permasalahan Desa.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (17/09) dan dibuka Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong.

Dalam sambutannya dikatakan, salah satu indikator penyelenggaraan Administrasi Desa yang baik adalah  terwujudnya tata kelola keuangan desa yang memenuhi prinsip-prinsip mekanisme berdasarkan peraturan yang berlaku sebagaimana diatur dalam Permendagri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yang dikelola berdasarkan Asas-Asas Transparan, Akuntabel, Partisipatif Serta Dilakukan Dengan Tertib Dan Disiplin Anggaran.

Beliau berharap dengan adanya Rapat Monev ini mampu memberikan pengelolaan Dana Desa yang akurat dan optimal.

“Oleh karena itu pelaksanaan Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat menjadi jembatan permasalahan dan kegiatan pemerintahan di desa.” Harapnya.

Lihat juga: Rampung, Disdik Sinjai Mulai Sosialisasikan Perbup Pemberian Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi

Wakil Bupati menambahkan dalam pengelolaan dana desa ini juga dibutuhkan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, dan Desa.

Hal ini menurutnya sangat penting terkait keseriusan desa dalam merencanakan, mengelola dan melaksanakan serta mempertanggungjawabkan dananya.

Rapat Monitoring Evaluasi ini menghadirkan Narasumber dari Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah yakni Kepala Inspektorat Sinjai, A. Adeha Syamsuri, Kepala Seksi Datun Kejaksaan Negeri Sinjai, Siti Nudarliah, SH, Kasat Reskrim Polres Sinjai, AKP Noormandan Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai, Hendra Saad. (**)

Editor / Bahar