Rangkaian Reuni Akbar, IKA SMAN 8 Bone Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka

KABARSINJAI – Ikatan Alumni (IKA) UPT SMAN 8 Bone Eks SMAN 1 Kajuara menggelar workshop pengembangan Kurikulum Merdeka di ruang pertemuan UPT SMAN 8 Bone, Sabtu (8/5/2023)

Workshop yang diikuti para tenaga pendidik atau guru SMAN 8 Bone, bahkan diikuti sejumlah perwakilan sekolah lainnya, ini dibuka secara resmi oleh ketua IKA UPT SMAN 8 Bone Dr. H. Andi Akmal Pasluddin.

Kegiatan ini mengusung tema “Menggerakkan Kurikulum Mendeka Dengan Menggerakkan Guru Belajar”, menghadirkan 3 pemateri seperti Prof. Hartati, Guru besar F.MIPA UNM Alumni angkatan 1993 secara virtual dengan materi “Paradigma Pembelajaran Yang Memerdekakan”.

Pemateri lainnya, Dr. Syamsul Bahri, Analisis kebutuhan pendidik/tenaga kependidikan seksi GTK SMP Dinas Pendidikan Kota Makassar, yang juga Alumni Angkatan 1997 dengan materi “Pembelajaran Berdeferensiasi”.

Serta Pemateri ketiga oleh Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 1 SMA Islam Athirah 1 Makassar yang juga Alumni angkatan 1995 dengan materi “Assesmen, Modul Ajar, KKTP & Imlementasi P5”.

Ketua IKA UPT SMAN 8 Bone, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin, berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada para peserta yang ikut dalam kegiatan workshop ini.

“Terkait dengan pendidikan, hal tersebut bukan hanya tugas seorang guru, tetapi kita terlibat didalam semua itu,” jelasnya.

Workshop ini disambut baik oleh para peserta, terbukti data peserta yang tercatat mengikuti workshop tersebut mencapai 94 orang peserta.

Ketua panitia Ahmad Kamal, mengatakan kegiatan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Reuni Akbar tahun 2023 UPT SMAN 8 Bone Eks SMAN 1 Kajuara. Dia berharap kegiatan ini tidak hanya berdampak terhadap alumni saja akan tetapi juga bagi masyarakat terutama siswa dan guru.

“Maka dari itu kegiatan Alumni Berbagi Praktik baik ini diharapkan bisa menjadi ruang kolaborasi Alumni dengan warga sekolah dan masyarakat secara umum,” ucap Ahmad Kamal, alumni 2009.

Workshop tersebut disambut baik oleh Kepala UPT SMAN 8 Bone, Dra. Andi Sukmawati Andi Zubaer. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan pada hari ini, saya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini karena para alumni mau memberikan ilmunya secara gratis yang akan berdampak positif kepada para peserta,” pungkasnya. (**/AC)