oleh

Ratusan Pegawai, Komunitas dan Warga Lainnya Kumpul Bersihkan Sampah di Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Ratusan pegawai Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai terlibat dalam aksi “World Cleanup Day” atau aksi membersihkan lingkungan dari sampah yang dipusatkan di Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu (21/9/19).

Aksi membersihkan sampah yang dipimpin Wakil Bupati Sinjai, Andi Hj. Kartini Ottong ini juga diikuti Para Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Sinjai, Para pejabat daerah, puluhan organisasi masyarakat, mahasiswa, pelajar dan elemen masyarakat lainnya.

Mereka pun yang hadir sangat terlihat antusias, sambil berjalan mereka memungut sampah, baik yang menumpuk maupun yang berserakan di jalan termasuk yang ada di slokan juga dibersihkan.

Sampah yang berhasil dikumpulkan dimasukkan kedalam kontong plastik kemudian diangkut dengan menggunakan armada pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai.

Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong merasa senang bisa berkumpul di satu tempat untuk melakukan kegiatan kebersihan.

Ia berharap kebersihan di Kabupaten Sinjai dapat menjadi perhatian bersama, bukan hanya pemerintah daerah namun juga seluruh masyarakat.

“Kami ingin agar kita semua sadar akan kebersihan, terlebih kepada masyarakat,  agar tidak membuang sampah disembarang tempat. Sampah adalah tanggungjawab kita bersama”, Pintanya.

Menurutnya pentingnya kesadaran dan kepedulian terhadap sampah. ‘Terimakasih sudah hadir ditempat ini, mari satukan tekat kita menjadikan sinjai sebagai kota yang bersih dan sehat”, Terangnya.

Disela-sela aksi bersih tersebut, Wabup Sinjai juga mengakui masalah yang sedang dihadapi saat ini adalah sampah plastik, bahkan fenomena tersebut sudah menjadi isu global.

Dia pun berharap, pasca kegiatan aksi pembersihan ini akan muncul kesadaran mengelola sampah dengan benar.

“Seperti kita lihat dilokasi ini banyak sampah plastik dan yang menumpuk di selokan dan ini bisa menimbulkan penyakit. Semoga dengan kegiatan ini dapat membukakan mata kita semua bahwa ada banyak sampah yang tidak terkelola dengan baik ada di sekitar kita,” imbuhnya.

World Cleanup Day (WCD) 2019 adalah sebuah gerakan bersih-bersih terbesar didunia yang dilaksanakan serentak di 157 negara dengan melibatkan sebanyak 13 juta relawan di Indonesia. (**)

Editor / Bahar

 

Komentar Facebook

BERITA TERBARU