oleh

Ratusan Warga Desa Bua Dapat Sertifikat Tanah Gratis

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sinjai membagikan sertifikat tanah gratis kepada 721 warga Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe yang diserahkan langsung Kepala BPN Sinjai, H. Hilal di Kantor Desa Bua. Selasa, (24/11/2020).

Ia mengatakan, pembagian sertifikat tanah ini adalah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan program strategis nasional dengan harapan seluruh tanah di Indonesia bersertifikat sehingga tidak adalagi masalah sengketa tanah.

Menurutnya, masyarakat Desa Bua patut berbangga karena Desa Bua merupakan salah satu desa di antara lima desa di Sinjai yang mendapatkan program nasional tersebut.

“Untuk tahun 2020, di antara 80 desa/kelurahan di Sinjai hanya ada lima desa yang memperoleh program ini dan saya kira warga Desa Bua patut bersyukur dengan jumlah tanah 721 bidang yang disertifikatkan secara gratis,” katanya.

BACA JUGA: Oknum ASN di Sinjai Terlibat Judi Sabung Ayam, BKPSDMA: Sanksi Menanti

Hilal berharap, sertifikat ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai legalitas hak atas tanah serta dapat dimanfaatkan modal jaminan untuk usaha produktif.

Sementara itu, Kepala Desa Bua A. Asis Soi mengaku sangat bersyukur dengan adanya program PTSL yang menyasar ratusan warganya, sebab hal ini bisa mengurangi terjadinya sengketa tanah di wilayahnya.

BACA JUGA: Studio PJJ SULO Macca Dilaunching Kadisdik Sinjai

“Alhamdulillah dengan adanya sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat, ini bisa menjadi pegangan hukum atas tanah yang dimilikinya sehingga tidak ada lagi pihak lain yang menggugat. Sekali lagi terima kasih kepada BPN Sinjai,” ujar Kades Bua ini.

Berdasarkan pantauan, penyerahan sertifikat ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dimana masyarakat datang tidak secara bersamaan ke Kantor Desa Bua, akan tetapi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. (Ril/Baso)

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU