oleh

RDP Komisi 1 DPRD Sinjai: Vaksinasi Bukan Syarat Mutlak Hak Pilih Pilkades Serentak

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bukti vaksinasi bukanlah syarat yang menggugurkan hak pilih dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Sinjai pada Maret 2022 mendatang.

Demikian diungkapkan Sekretaris daerah (Sekda) Sinjai, Drs Akbar dalam rapat dengar pendapat (RDP) komisi 1 DPRD Sinjai di ruang rapat, Selasa (11/1/2022)

Menurut Akbar yang juga ketua Panitia Pilkades serentak, surat yang beredar bukanlah surat edaran namun berupa surat perihal penyampaian saja.

Surat penyampaian itu dimaksudkan untuk mengetahui data validasi sebab diharapkan nantinya pihaknya memiliki data akurat untuk sasaran vaksin berikutnya.

Baca juga: Kepedulian Bupati ASA Bagi Pegawai Non ASN yang Wajib Anda Tahu

“Apabila ada masyarakat yang tidak dapat menunjukkan kartu vaksinnya dia juga berhak menyalurkan hak pilihnya. Jadi kami tidak mewajibkan hanya sekedar untuk memastikan berapa persen masyarakat Sinjai yang telah di vaksin karena nantinya akan lagi dilanjutkan vaksinasi tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, tidak ada dasar hukumnya menggugurkan hak pilih apalagi hanya berdasarkan surat penyampaian saja. Sebab katanya, hak dan kewajiban seorang wajib pilih di Pilkades diatur dalam bentuk Peraturan Daerah yang diimplementasikan dalam bentuk Peraturan Bupati.

“Kalau hanya surat penyampaian lemah sekali dan batal demi hukum. Jadi tidak ada syarat untuk menggugurkan hak pilih atau wajib pilih hanya karena tidak memiliki kartu Vaksin. Kita hanya ingin memperkuat data sasaran vaksinasi,” jelasnya.

Baca juga: Komisi 1 DPRD Hadirkan Kadisdik Sinjai, Bahas Permintaan Kartu Vaksin Orang Tua Siswa Syarat PTM

RDP komisi 1 DPRD Sinjai ini dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Fachriandi Matoa dihadiri Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Wakil Ketua I DPRD Sabir dan para Anggota Komisi I DPRD seperti Hj. Nurbaya Toppo, Zahra Usman, Muhammad Wahyu, Darna, Hasna serta Rustan.

Ketua Komisi I DPRD, Fachriandi Matoa menyampaikan maksud dan tujuan digelar RDP tersebut sebagai bentuk pelaksanaan pelayanan di masyarakat dalam menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten Perekonomian dan pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar, Kadis Pendidikan Andi Jefrianto Asapa, Kadis Kesehatan Dr. Emmy Kartahara Malik, Kadis PMD Andi Hariyani Rasyid, serta Kabag Hukum Setdakab Sinjai Andi Adis Dharmaningsih Asapa. (Nit)

Komentar Facebook