Realiasasi APBN di Sinjai Diangka Rp. 145 Miliar Lebih, Penerimaan Pajak Tumbuh 21 Persen

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Sinjai merilis data realisasai pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk semester 1 tahun 2022 di daerah Bumi Panrita Kitta’.

Capaian realisasi pelaksanaan APBN ini disampaikan dalam Kegiatan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dan Press Conference Kinerja APBN periode Semester 1 Tahun 2022, di Aula KPPN Sinjai, Rabu (10/8).

Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi mengatakan, sampai dengan semester 1 tahun 2022 KPPN Sinjai telah merealisasikan dana APBN sebesar 33,43 persen atau sebesar Rp145,71 Miliar dari total pagu sebesar Rp435,87 Miliar.

“Realisasi itu terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar 49,71 persen atau sebesar Rp82,77 Miliar dari total pagu sebesar Rp166,51 Miliar, sedangkan Dana Transfer telah terealisasi sebesar 23,37 persen atau sebesar Rp62,94 Miliar dari total pagu sebesar Rp269,36 Miliar,” ucapnya.

Baca juga: Setelah Penghafal Al-Quran, Bupati ASA Gagas Program Cetak Generasi Ulama

Dia mengatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran termasuk menggali permsalahan dan memberikan pembinaan serta memberikan solusi atas permasalahan pelaksanaan anggaran di setiap satker.

“Ini juga diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018 bahwa salah satu tugas pokok dan fungusi KPPN adalah melakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara dan Lembaga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai, Hendrawan yang turut hadir dalam kegiatan ini membeberkan semua jenis pajak di Kabupaten Sinjai ara-rata tumbuh sebesar 21 persen, jika dibandingkan dengan semester 1 tahun sebelumnya.

Dengan begitu, penerimaan pajak pusat di Kabupaten Sinjai turut memberikan kontribusi terhadap penerimaan pajak pusat pada KPP Bulukumba sebesar 5 persen.

Baca juga: KPPN Sinjai Beri Penghargaan 3 Satker IKPA Terbaik, ini Daftarnya

“Porsi penerimaan yang dominan adalah dari jenis PPhps 21, PPN, danPPh final,” jelasnya.

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satuan kerja lingkup KPPN Sinjai, dan pejabat dari Bappeda, BKAD, dan PMD selaku mitra dalam pengelolaan DAK dan DD serta para awak media di Sinjai. (tim)