oleh

Rentan Sakit? Ini Tips Dalam Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

INFOKESEHATAN.COM, – Ketika memasuki musim pancaroba seperti saat ini, kondisi cuaca benar-benar tidak menentu, siang hari cuaca bisa panas terik dan menyengat, tiba-tiba sore hari bisa turun hujan deras. Maupun sebaliknya, cuaca panas dan hujan susaah banget ditebak kapan waktunya.

Saat musim pancaroba, bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh kamu bila tidak dijaga dengan baik. Salah satu penyakit yang paling sering dialami adalah penyakit flu dan demam yang disebabkan karena suhu yang tidak menentu. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar menjaga kondisi badanmu agar tetap fit sepanjang hari meski saat musim pancaroba tiba.

Berikut ini 7 tips jaga kesehatan saat pancaroba melanda yang bisa kamu ikuti agar tetap bisa segar dan bugar dalam melaksanakan rutinitas harianmu walau musim pancaroba.

JAGA TEMPAT TINGGALMU AGAR TETAP BERSIH

Pada umumnya, penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba adalah penyakit seperti malaria, demam, dan berbagai macam penyakit infeksi lainnya. Beberapa penyebab seseorang bisa mengalami kondisi di atas dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan.

Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga kebersihan juga kerapihan tempat tinggal kamu dan memastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah maupun di dalam rumah agar tidak menjadi tempat bersarang dan berkembang biaknya nyamuk maupun bakteri. Bukan hanya itu, sebaiknya gantilah seprei secara berkala untuk menghilangkan debu dan mikroba jahat yang mungkin saja ada pada tempat tidur kamu.

MENGONSUMSI MAKANAN YANG BERGIZI

Mengonsumsi makanan yang bergizi tentu sangat baik untuk membantu kamu memiliki tubuh yang sehat. Makanan yang dianggap memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

RUTIN BEROLAHRAGA

Tips jaga kesehatan saat pancaroba selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Kamu pasti sudah tahukan kalau salah satu rahasia untuk memiliki tubuh sehat dan bugar adalah dibarengi dengan melakukan olahraga secara rutin?

Nah, di musim pancaroba yang rentan membuat kesehatanmu menurun kamu perlu meningkatkan stamina dan sistem pertahanan tubuhnmu (sistem imun) dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga yang kamu sukai atau yang dianggap mudah untuk dilakukan. Kuncinya adalah konsisten untuk melakukannya secara rutin.

JIKA TERKENA HUJAN, SEGERALAH MANDI

Saat temperatur mengalami perubahan secara cepat dan mendadak, seringkali tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Untuk menghilangkan bakteri atau kuman-kuman yang dibawa oleh hujan dan menstabilkan suhu badanmu, sebaiknya segeralah mandi dengan air hangat serta sabun antiseptik. Pada saat hujan, usahakan untuk menggunakan jaket, agar tidak terpapar hawa dingin yang membuatmu malah flu.

LEBIH BANYAK MENGONSUMSI AIR MINERAL

Air mineral membuat tubuh kamu tetap terhidrasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Pilihlah air mineral yang berkualitas dengan memperhatikan beberapa ciri seperti airnya jernih tidak berwarna, tidak berbau, tidak mengandung endapan, dan berasal dari sumber yang jelas.

ISTIRAHAT YANG CUKUP

Tentunya bila kamu kurang Istirahat bisa membuat sistem imum kamu terganggu. Kamu perlu mencukupi waktu istirahat sekitar 7 hingga 8 jam perhari agar tubuhmu segar dan fit untuk menjalani aktivitas di pagi hari.

BILA TERJADI KELUHAN YANG SERIUS, SEGERA PERGI KE DOKTER

Tips jaga kesehatan saat pancaroba yang tak kalah penting, bila di musim pancaroba ini kamu sudah terlanjur sakit, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatanmu pada dokter agar bisa memperoleh penanganan yang tepat. Ikuti saran dokter untuk memulihkan segera kondisi badanmu dan minum obat yang diberikan oleh dokter sesuai aturan.

Semoga 7 tips jaga kesehatan saat pancaroba di atas bisa membantu kamu untuk tetap fit dalam menjalankan aktivitas di musim yang serba tidak menentu ini. Terapkanlah 7 tips jaga kesehatan saat pancaroba di atas dengan konsisten, maka kamu akan terhindar dari berbagai keluhan penyakit. (Portal.axa.co.id)

Baca Selengkapnya

Komentar Facebook