oleh

Ringankan Beban Orang Tua Siswa, Seragam Sekolah Gratis di Sinjai Dianggarkan Setiap Tahun

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kendali Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di bidang pendidikan benar-benar luar biasa.

Tidak hanya menggulirkan program bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi, tapi juga menggulirkan program yang berpihak pada masyarakat, yakni program pemberian seragam sekolah gratis.

Program ini menyentuh siswa/siswi baru kelas 1 jenjang sekolah dasar (SD) serta siswa baru kelas 1 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai.

Selain untuk meningkatkan minat belajar 9 tahun, program ini tidak lain untuk membantu serta meringankan beban orang tua siswa/siswi baru untuk kelengkapan sekolah anak-anaknya.

BACA JUGA: UU Cipta Kerja Mulai Disosialisasikan, Pemkab Sinjai Sambut Baik

“Jadi ini untuk meringankan beban biaya para orang tua siswa, terlebih di masa pandemi saat ini,” ungkap Bupati ASA, Selasa (28/9/2021)

Meski ditengah keterbatasan anggaran akibat adanya refokusing, namun niat tulus Bupati ASA untuk membantu para orang tua siswa/siswi ini tidak pernah surut.

Tahun 2021 yang merupakan tahun ketiga pelaksanaan program ini, Pemkab Sinjai mengucurkan anggaran sebesar Rp2,8 miliar dengan sasaran 6.621 siswa.

BACA JUGA: Resmi Diluncurkan, Bupati ASA Minta Program Sekolah Merdeka Belajar Dimaksimalkan

“Namanya pendidikan, ya harus diprioritaskan karena hak dasar masyarakat. Makanya program ini terus berlanjut meski keuangan daerah kita terbatas,” jelasnya.

Dari data Dinas Pendidikan Sinjai, menguraikan, pada tahun 2019 anggaran yang dialokasikan untuk program ini berkisar Rp 2,4 miliar untuk 6.737 siswa baru baik tingkat SD maupun sekolah SMP.

Selanjutnya di tahun 2020, alokasi dana yang disiapkan mengalami peningkatan menjadi Rp2,6 miliar untuk jumlah siswa yang menghampiri 6.697 siswa.

Bantuan program ini berupa seragam sekolah, tas, dasi, topi, ikat pinggang, jilbab hingga alat tulis menulis. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU