oleh

Rumah Sakit Pratama Senilai Rp45 Miliar di Sinjai Selatan Mulai Dibangun

KABARSINJAI.COM, Sinjai, –– Penantian masyarakat Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai akan hadirnya Rumah Sakit (RS) di wilayah itu akhirnya terjawab sudah. Pasalnya pembangunan RS bertipe D atau Pratama itu, kini dalam tahap pengerjaan.

Pembangunan RS Pratama yang terletak di Bulupaccing, Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan ini dikerjakan PT. Harfiah Graha Perkasa.

RS Pratama tersebut merupakan salah satu janji Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) kepada masyarakat Sinjai di bidang kesehatan dalam rangka mendekatkan serta meningkatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Badan Perencanaan dan pembangunan daerah (Bappeda) Sinjai, Irwan Suaib, mengatakan, pembangunan RS Pratama di Sinjai Selatan memang telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

BACA JUGA: Kembalikan Fungsi Pasar, Pemkab Sinjai Tertibkan PKL

“Program pak Bupati yakni untuk membangun RS tipe D atau Pratama di Kecamatan Sinjai Selatan terealisasi tahun ini. Dan ini merupakan janji politik pak Bupati”, ungkap Irwan Suaib, Rabu (21/7/2021)

Anggaran pembangunan yang digelontorkan untuk RS pratama ini lanjut Irwan, sebesar Rp45 Miliar lebih dan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat.

“Alhamdulillah, dari tahap pengusulan dan verifikasi, kita mendapatkan Rp45 miliar, dimana Rp30 miliar untuk fisik dan Rp15 miliar Alat kesehatan (Alkes)”, sambungnya.

Selain di Sinjai Selatan, rencana pembangunan RS Pratama di Manipi Kecamatan Sinjai Barat hanya tinggal menunggu kesiapan lahan seluas 1 hektare.

BACA JUGA: Bak Air Mengalir, Bansos Terus Berdatangan ke Sinjai

Sebab, kata mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai ini, untuk kembali mendapatkan bantuan pembangunan RS Tipe D dari pusat ditahun berikutnya, lokasi yang ditunjuk minimal mempunyai luas tanah satu hektar.

“Tahun ini kita kembali mengusulkan lagi, tinggal bagaimana kerjasama semua pihak dan kita bisa mempersiapkan lahan satu hektare agar RS di Sinjai Barat juga bisa dibangun tahun depan”, jelasnya.

Pembangunan RS pratama pertama di Sinjai Selatan ini ditargetkan rampung hingga akhir tahun 2021 mendatag. (Ay)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU