oleh

Rusak Tanaman, Bupati ASA & Warga Tellulimpoe Berburu Hama Babi Massal

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sedikitnya 200 orang masyarakat Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai berkumpul untuk melakukan aktivitas atau tradisi berburu hama Babi yang kerap merugikan petani di daerah itu.

Peserta perburuan hama Babi ini dilepas Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Halaman Kantor Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Minggu pagi (13/09/2020)

Saat ditemui, Bupati ASA msngaku sangat mengapresiasi langkah dan inisiatif masyarakat Tellulimpoe dalam memberantas babi yang dapat merugikan masyarakat.

Apalagi jika hama babi menyerang semua tanaman masyarakat. Sehingga dengan demikian, apa yang dilakukan oleh masyarakat juga sebagai upaya untuk mendukung sektor pertanian dan perkebunan.

BACA JUGA: Dua Tahun Berjalan, Simak Sederet Program Unggulan Pemkab Sinjai Disektor Pendidikan

“Sebagai upaya memberantas hama babi yang sangat merugikan masyarakat tentu saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh masyarakat Tellulimpoe. Sehingga sebelum musim tanam mendatang, hama babi bisa berkurang dan musim tanam kedepan bisa maksimal dan hasilnya memuaskan sesuai apa yang diharapkan petani kita,” tandas ASA.

Sementara itu, Camat Tellulimpoe Andi Saoraja Arie Lesmana mengatakan, perburuan hama babi massal ini rutin dilakukan tiga bulan di awal musim kemarau.

“Selama itu, perburuan hama Babi dijadwalkan setiap hari minggu secara serentak,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tahun 2021, Total Libur Nasional & Cuti Bersama 23 Hari, ini Daftar Lengkapnya

Memang kata Andi Saoraja, dari laporan masing-masing kepala desa setempat hama babi ini banyak mengganggu tanaman para warga, khususnya tanaman pangan dan perkebunan.

Pelepasan ratusan masyarakat untuk berburu babi, turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, Kepala Dinas Peternakan drh. Aminuddin, dan sejumlah Kepala Desa setempat. (Ac)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU