Sandiaga Uno Bakal ke Sinjai Lagi, ini Tujuannya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno bakal kembali berkunjung ke Kabupaten Sinjai.

Rencana kunjungan di Bumi Panrita Kitta’ untuk melakukan perjalanan wisata di Desa Wisata Barania, Kecamatan Sinjai Barat yang kedua kalinya setelah sebelumnya berkunjung pada Sabtu 19 Juni 2021 lalu.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai Drs Yuhadi Samad dalam rapat persiapan visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Kamis siang (23/6)

Kunjungannya kata Yuhadi, sebagai wisatawan sebagai salah satu rangkaian visitasi ADWI 2022, setelah tim kreatif dan tim visitasi berkunjung lebih dulu di Desa Barania.

BERITA LAINNYA: Kafilah MTQ Sinjai Dilepas, ini Pesan Penting Bupati ASA Untuk Qari dan Qariah

“Mas Menteri (Sandiaga Uno – Read) datang dengan kapasitas sebagai wisatawan nanti,” ungkapnya.

Sementara untuk jadwal visitasi yang akan dilakukan tim Kemenparekraf dimulai bulan Mei – Agustus mendatang.

“Kita sudah menyiapkan empat titik yang akan dikunjungi pak menteri dan insya Allah berakhir di Kampung Galung Sinjai, selebihnya tim penilai lah yang melakukan visitasi di titik lainnya,” pungkasnya.

Rapat persiapan visitasi ADWI 2022 dipandu Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Drs Akbar dan dihadiri langsung Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) serta sejumlah kepala OPD, Kabag, Camat dan Kepala Desa Barania.

Menurut Bupati ASA, lolosnya Desa Barania sebagai salah satu nominasi desa wisata terbaik di Indonesia menjadi kebanggaan masyarakat Sinjai. Apalagi ADWI 2022 diikuti sebanyak 3.419 Desa wisata yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

BERITA LAINNYA: Bupati ASA Narasumber Webinar Pendidikan untuk Guru di Kabupaten Tanah Laut Kalsel

Karena itu, dengan visitasi ADWI 2022 nama Kabupaten Sinjai bisa dikenal luas, termasuk menjadi ajang promosi bagi daerah Kabupaten Sinjai.

“Ini menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sinjai, masuk 50 besar saja sudah masuk capaian tertinggi dalam ADWI 2022. Mudah-mudahan dengan kolaborasi kita, mampu meraih penghargaan dari tujuh indikator yang akan di visitasi,” harapnya.

Adapun tujuh indikator penilaian ADWI 2022 diantaranya daya tarik pengunjung, home stay, Souvernir, digital dan kreatif, toilet umum, kelembagaan desa wisata, Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE). (Tim)