oleh

Satgas Covid-19: Indonesia Tempati Peringkat 41 Penanganan Pandemi

KABARSINJAI.COM, – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengklaim bahwa penanganan pandemi virus corona di Indonesia mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

Hal ini dibuktikan dari naiknya peringkat RI dalam Indeks Pemulihan Covid-19 atau Covid-19 Recovery Index terbaru yang dirilis Nikkei pada Jumat (5/11/2021).

“Dalam peringkat yang disusun oleh Nikkei, Indonesia berada di peringkat 41, naik dari peringkat 54,” kata Wiku dalam konferensi pers daring, Selasa (9/11/2021).

“Kenaikan ini juga menempatkan Indonesia di peringkat tertinggi di antara negara-negara ASEAN,” tuturnya.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Kemnaker Siapkan Program TKM Bagi Perempuan Terdampak Pandemi

Tak hanya itu, menurut Wiku, pada 3 November 2021 seluruh provinsi di Indonesia berada di tingkat penularan komunitas level satu berdasarkan penilaian dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Adapun data pemerintah per 8 November 2021 menunjukkan bahwa hanya tersisa 0,23 orang yang positif Covid-19.

Sementara, angka kematian pasien Covid-19 harian saat ini sebesar 3,38 persen dan angka kesembuhan mencapai 96,93 persen.

“Capaian ini perlu untuk dipertahankan melalui kolaborasi masyarakat dengan pemerintah sehingga pandemi Covid-19 dapat terus terkendali dan ekonomi nasional dapat pulih dan tumbuh,” ucap Wiku.

BACA JUGA: Intens Lakukan Edukasi Hadapi Ancaman Bencana, BPBD Sinjai Sambangi Kelurahan Balakia

Wiku mengatakan, capaian ini merupakan hasil dari kerja sama antara pemerintah, tenaga kesehatan, petugas di lapangan, dan seluruh elemen masyarakat.

Meski patut untuk disyukuri, ia mengingatkan supaya disiplin protokol kesehatan pencegahan virus corona tetap diterapkan.

“Bijaknya kita menghargai pencapaian dan tetap mempertahankan perkembangan kasus yang baik ini, bukan malah sebaliknya bersikap lengah dan lalai,” kata Wiku. (Kompas. com)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU